Lima Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Sulawesi Selatan

Kunjungan Wisata Ketekesu Toraja
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Provinsi Sulawesi Selatan, menjadi daerah yang paling pesat perkembangannya dan merupakan gerbang Indonesia Timur. Sulawesi Selatan memberikan banyak alternatif wisata yang bisa masuk ke dalam daftar perjalanan para treveler.

Jelajah Minahasa, Melihat Betapa Sempurnanya Indonesia

Viva.co.id merangkum lima destinasi yang dapat membuat para pelancong betah dan selalu mengenang Sulawesi Selatan sebagai destinasi liburan yang seru. Berikut ini daftarnya:

1. Goa Londa Burial

Sulut Expo 2019, Guide Kamu Sebelum Plesir ke Sulawesi Utara

Goa ini berada di desa Londa, Rantepao Sulawesi Selatan. Goa ini merupakan kompleks makam di Tebing Batu. Di dinding-dinding batu tersebut terlihat peti mati, serta patung kayu manusia lengkap dengan pakaian berjejer rapi di dinding tebing yang dipahat. Tempat ini menjadi tempat yang memukau bagi banyak wisatawan dari seluruh negara di dunia.

Seperti yang diungkapkan oleh Bella, wisatawan asal Afrika Selatan. Ia menyebut daerah ini merupakan tempat yang sangat menarik untuk mempelajari budaya masyarakat setempat dalam memakamkan sanak keluarga yang telah meninggal.

Di Manado, Ada Daerah Tersembunyi dengan Potensi Wisata Luar Biasa

"Sangat menarik untuk melihat berbagai jenis kuburan dari beberapa abad, mulai kuburan batu hingga kuburan dengan rumah-rumah yang ada saat ini," tulisnya dalam ulasan dikutip dari Tripadvisor, Senin 10 Juli 2017.

Ketakjuban juga muncul dari Scott wisatawan asal California Amerika Serikat. "Mengunjungi Toraja merupakan pengalaman yang tidak dapat dilupakan. Terdapat keindahan dan perasaan yang aneh saat mengunjungi situs kuburan lengkap dengan kerang-kerangka dan patung manusia," katanya.

2. Pantai Losari

Pantai ini menjadi pantai yang tidak lepas dari Makassar, pantai ini telah menjadi ikon wisata Makassar, dan menjadi salah satu tempat wisata yang sangat populer. Dari berbagai ulasan yang ditulis oleh beberapa wisatawan menyebut bahwa tempat ini sangat ramai dikunjungi, terutama saat sore hari.

Pantai ini paling menarik dikunjungi pada Sabtu malam, untuk menikmati momen matahari terbenam terlebih dengan disediakannya tempat khusus pejalan kaki yang nyaman bagi wisatawan. Perlu diketahui, pantai ini tidak memiliki pasir, tetapi tempat ini dilengkapi dengan masjid apung, dan beberapa warung makanan di sepanjang pantai.

3. Benteng Rotterdam

Bagi wisatawan yang menyukai wisata sejarah dapat mengunjungi tempat ini. Benteng Rotterdam merupakan sebuah benteng peninggalan dari Kerajaan Gowa-Tallo. Di sini, wisatawan dapat mengetahui sejarah kebesaran Makassar.  

Tmccoydc asal Maryland, Amerika Serikat, menyebut koleksi di museum ini sangat baik, dan mampu menjelaskan sejarah panjang dari area ini di luar sejarah periode kolonial Belanda.

4. Desa Ramang-ramang

Belakangan destinasi ini tengah menjadi destinasi yang terkenal yang ada di Makassar. Ramang-ramang yang terletak di Maros ini merupakan sebuah kawasan pegunungan batu kapur yang dibelah oleh Sungai Pute. Di sini, wisatawan dapat melihat keindahan alam sekitar yang ditumbuhi oleh Pohon Nipa dengan menggunakan kapal menyusuri Sungai Pute.

"Anda dapat menyusuri sungai dengan sebuah perahu tradisional. Sepanjang perjalanan Anda dapat melihat nelayan, rumah penduduk yang terdapat di sepanjang aliran sungai, dan yang paling penting adalah pemandangan gunung kapur yang menakjubkan," kata Francess, wisatawan asal Ottawa (Kanada) dalam ulasannya.

5. Desa Toraja

Tempat ini menyajikan hal seru seperti rumah tradisional suku Toraja, dan melihat beberapa babi dan kerbau yang berkeliaran di sekitar pemukiman warga.

"Daerah ini menjadi tempat yang tepat untuk melihat rumah tradisional khas Toraja dan artefak budaya asal Toraja," ungkap Simon wisatawan asal Sydney (Australia).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya