Thriathlon Ironman 70.3 Targetkan Bintan Jadi Trending Topic

Kompetisi Thriatlon Ironman 70.3 akan digelar di Pulau Bintan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Penyelengaraan kompetisi thriatlon Ironman 70.3 yang akan digelar di Pulau Bintan pada 20 Agustus 2017 mendatang menjadi ajang tersendiri bagi promosi pariwisata Indonesia ke mata internasional. 

Lomba Lari dan Sepeda Tugu VCRR Selesai, 1.570 Pohon Berhasil Ditanam

Rencananya, akan ada sekitar 1.400 atlet dari 42 negara yang akan ikut berkompetisi pada olahraga yang menggabungkan, seri lari, sepeda, dan juga renang, dengan total jarak hingga lebih dari 100 kilometer tersebut. 

"Semua, event seperti Ironman, jangan hanya terpaku pada 1.400 peserta, ada supporter dan yang lebih penting dampak berlangsungnya," ucap I Gde Pitana, Deputi Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata RI di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Juli 2017. 

Pandemi Belum Berakhir, AIA Gelar Lomba Lari dan Sepeda Virtual

"Dengan adanya kegiatan ini, Bintan dan Indonesia akan menjadi trending topic bagi media internasional,” katanya menambahkan,

Dia memaparkan, dalam sebuah penelitian, tingkat kepuasan seorang terhadap suatu destinasi akan membuat orang kembali lagi ke tempat tersebut. Seperti diketahui, tingkat kepuasan atlet pada penyelenggaraan tahun lalu mencapai 95 persen. 

Pesona Pulau Bintan yang Bikin Kamu Terpesona

"Kalau orang puas dalam aktivitas olahraga, 60 persen akan kembali lagi. Katakanlah kalau puas dengan Ironman, paling enggak 60 persen akan datang kembali," ujarnya,

Untuk itu, lanjut Pitana, pihak Kementerian Pariwisata sendiri sangat mendukung gelaran yang berbasis pariwisata olahraga ini. Dia melanjutkan, posisi geografis dan juga struktur alam dari Bintan menjadikan pulau tersebut sebuah destinasi yang tepat untuk pariwisata olahraga. 

 "Karena letak geografisnya dekat dengan pasar, dekat dengan Singapura dan Malaysia, makanya yang menonjol sumber pariwisata kreativitas, yang sangat berkembang sport tourism," ucapnya,

Sebagai informasi, seri kejuaraan internasional Ironman 70.3 edisi Indonesia akan berlangsung di Pulau Bintan pada 20 Agustus 2017. Perlombaan ini akan dimulai pada pagi hari, dibuka dengan berenang sejauh 1,9 kilometer yang mengambil posisi start di Plaza Lagoi, pusat pengembangan pariwisata Teluk Lagoi di zona khusus Bintan Resort dari wilayah kepulauan Indonesia. 

Selanjutnya, para atlet akan bersepeda sejauh 90 kilometer (satu putaran) di jalanan yang mulus dan lebar. Para partisipan akan mengakhiri lomba ini dengan berlari sejauh 21 kilometer. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya