Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 17 Juli 2017 | 11:43 WIB
  • Tips Hemat Uang Saat Berlibur

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Tips Hemat Uang Saat Berlibur
Photo :
  • Dokumentasi HaloMoney
Berlibur ke luar negeri

VIVA.co.id – Berlibur, terutama keluar kota, atau keluar negeri, memerlukan uang cukup banyak dan butuh waktu lama untuk mengumpulkannya. Ketika melakukan perjalanan wisata, anggaran dana terus mengalir untuk melakukan pembayaran tiket pesawat, hotel, makan hingga transaksi untuk membeli oleh-oleh, atau suvenir untuk keluarga, atau teman dekat.

Namun, kalimat tersebut bisa ditepis oleh calon wisatawan dengan melakukan beberapa hal cermat berikut, agar bisa mendapatkan penawaran murah selama liburan. Dirangkum dari Huffington Post, Senin 17 Juli 2017, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan calon wisatawan untuk dapat memangkas biaya wisata.

1. Membuat anggaran

Membuat anggaran adalah hal penting dan utama yang harus dilakukan. Dengan membuat anggaran wisatawan dapat tahu kapan harus menabung dan kapan berbelanja secara royal. Dengan adanya anggaran menjadi cara yang tepat untuk menjaga dari perilaku yang konsumtif.

2. Pilih saat low season

Menikmati liburan yang tepat adalah di saat musim low season atau bukan masa liburan. Di musim ini kita bisa menemukan tiket pesawat dan kamar hotel yang murah. Selain mendapatkan harga yang jauh lebih murah, pergi di waktu ini jadi pilihan tepat karena tempat wisata tidak akan terlalu dipenuhi oleh wisatawan lainnya.

3. Cari aktivitas gratis

Sebelum pergi melakukan wisata, sebaiknya calon wisatawan melakukan sedikit riset melalui internet untuk mencari tahu tempat-tempat, atau kegiatan yang bisa dinikmati di tempat tersebut secara gratis. Bepergian sendiri tanpa pemandu wisata juga akan membantu penghematan biaya wisata.

4. Carilah kartu pariwisata kota

Dengan adanya kartu ini, memungkinkan wisatawan untuk mendapatkan beberapa keuntungan, seperti tiket masuk ke tempat wisata-wisata utama, diskon di restoran dan pertokoan, transportasi umum gratis, hingga buku panduan wisata gratis.

5. Memilih sebuah kamar yang dilengkapi dengan kulkas, atau microwave, atau dapur

Dengan adanya microwave dan kulkas, juga akan sangat membantu untuk memanaskan sisa makanan yang dibeli sebelumnya. Atau, untuk menghemat biaya layanan makanan, dengan memasak langsung.

6. Berbelanja di pasar atau toko lokal

Di sini harga jauh lebih murah, karena para petani sering kali menurunkan harga menjelang akhir pekan. berbelanja di toko-toko lokal memungkinkan Anda mencicipi masakan lokal tanpa harus membayar harga restoran. Beli beberapa ikan lokal dan masak di tempat Anda menginap.

7. Perhatikan lokasi menginap

Sebelum memesan, perhatikan lokasi tempat menginap. Pilihlah lokasi menginap yang dekat dengan transportasi umum yang nantinya akan memudahkan wisatawan berpergian kemana pun. Mengingat, biaya akan bertambah jika menggunakan transportasi seperti taksi dibandingkan dengan transportasi umum. (asp)