Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 18 Juli 2017 | 08:31 WIB
  • Bandara Ini Suguhkan Pengumuman Informasi dalam Bahasa Jawa

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Isra Berlian
Bandara Ini Suguhkan Pengumuman Informasi dalam Bahasa Jawa
Photo :
Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta

VIVA.co.id – Mulai hari Senin kemarin, 17 Juli 2017, Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menyuguhkan bahasa Jawa dalam pelayanan informasi. Bandara ini merupakan bandara pertama yang menghadirkan bahasa Jawa dalam penyampaian pengumuman informasi kepada penumpang.

“Semoga ini dapat menjadi wujud komitmen kami dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada pengguna jasa bandara, sekaligus sebagai upaya mendukung kearifan lokal seni budaya dan pariwisata di Yogyakarta,” ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi, dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA.co.id Selasa, 18 Juli 2017.

Bandara Internasional Adisutjipto menambahkan layanan kepada penumpang dengan menghadirkan Bahasa Jawa dalam penyampaian pengumuman informasi di bandara, yang saat ini disampaikan dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Penambahan bahasa dalam penyampaian pengumuman informasi ini diharapkan dapat menghadirkan nuansa ‘keramahan’ Yogyakarta di bandara, sekaligus untuk mengenalkan dan mempromosikan Bahasa Jawa sebagai bahasa daerah, baik kepada wisatawan domestik maupun mancanegara melalui Bandara Adisutjipto.

“Bahasa Jawa, bahasa dan dialek yang biasa digunakan oleh masyarakat di Pulau Jawa kini dapat langsung dirasakan di bandara. Penumpang yang datang dan pergi melalui Bandara Adisutjipto akan merasakan nuansa khasanah budaya Yogyakarta dengan hadirnya informasi announcement yang menggunakan Bahasa Jawa,” kata Israwadi menambahkan.

Yogyakarta yang merupakan salah satu destinasi utama di Pulau Jawa memberikan peranan penting bagi bandara dalam mendukung industri kepariwisataan suatu daerah. Bandara dianggap menjadi etalase karena fungsi konektivitasnya dari dan menuju suatu lokasi wisata.

Hal ini pula yang menjadi langkah PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dalam mendukung Pemerintah Daerah untuk mencapai target 4 persen wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta pada tahun 2018, melalui promosi wisata DIY. 

Menteri Pariwisata, Arief Yahya pun mengapresiasi adanya penggunaan bahasa Jawa dalam penyampaian pengumuman informasi kepada penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Dirinya menyebut, inovasi yang dilakukan oleh pihak Angkasa Pura I itu akan membuat penumpang merasa seperti di rumah.

"Itu bagus sekali. Orang akan sangat senang diselamatdatangkan dengan menggunakan bahasanya. Bayangkan kalau ada pengumuman selamat datang dengan menggunakan bahasa kita, tentu kita akan sangat senang," ucapnya di Jakarta, Senin malam, 17 Juli 2017.

Ia lantas mengusulkan hal serupa untuk menyambut wisatawan mancanegara ketika mendarat di Bandara Indonesia.

"Saya juga minta, kalau ada turis dari China kita juga pakai bahasa China. Kalau untuk wisatawan dari Jerman, kita juga pakai bahasa Jerman. Sama juga dengan domestik, kalau misalkan penerbangan dari Solo boleh berbahasa Jawa, kalau Padang boleh pakai bahasa Padang," kata Arief.