Menpar Ingin Jumlah Wisman Borobudur Kalahkan Angkor Wat 

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin

VIVA.co.id – Pemerintah telah menetapkan Borobudur sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas. Pemerintah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dua juta orang ke Candi Borobudur di 2019. 

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

Persiapan pun dilakukan pemerintah untuk menarik lebih banyak para wisman. Salah satunya membangun bandara internasional Kulon Progo, Yogyakarta. 

"Candi Borobudur ditargetkan akan dikunjungi wisman sebanyak dua juta hingga 2019. Ini mungkin terjadi mengingat hingga saat ini, jumlah kunjungan wisman ke Angkor Wat sudah mencapai 2,5 juta," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, baru-baru ini.

Pakar dan Akademisi Sarankan Chattra Segera Dipasang di Candi Borobudur

Presiden Joko Widodo pun telah menerbitkan peraturan presiden mengenai pembentukan Badan Otorita Candi Borobudur. Badan ini nantinya yang akan mengelola Candi Borobudur secara terintegrasi mengingat selama ini candi Borobudur adalah destinasi tunggal, namun multi-management.

Pembentukan ini sebagai upaya mewujudkan Candi Borobudur sebagai destinasi utama bertaraf internasional sebagaimana telah ditetapkan Presiden sejak tahun lalu. Arief mengatakan, bandara sudah di-groundbreaking, dan akan selesai di akhir 2018 atau 2019. 

Inovatif, Kemenag Luncurkan Pencitraan Virtual 360 Candi Borobudur

Selain itu, pihaknya juga telah menyelesaikan rencana induk untuk Borobudur, Dieng, Sangiran, dan Karimun Jawa. Bobudur akan menjadi ikon untuk tiga kota, yakni Yogyakarta, Solo, dan Sema

Puncak candi Borobudur.

Chattra Penting Dipasang karena Dinilai Sebagai Salah Satu Ikon Candi Borobudur

Chattra bermakna payung atau pelindung yang dinilai sebagai mahkota sehingga dipasang di puncak stupa Candi Borobudur.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024