Menyingkap Suara Misteri di Goa Boki Moruru Segea

Goa Boki Moruru Sagea
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Maluku Utara menjadi provinsi di Indonesia bagian Timur yang menyimpan kekayaan alam. Maka dari itu, PT Astra Daihatsu Motor tertarik dengan provinsi ini dengan menggelar acara tahunannya yakni, Terios 7 Wonders Moluccas yang keenam 14-22 Juli 2017.

Will Smith Penasaran dengan Salah Satu Wisata Alam di Sukabumi

Selama ekpedisi, banyak tempat wisata yang menarik, salah satunya Goa Boki Moruru Segea yang terletak di Desa Sagea. Jika perjalanan di mulai dari Halmahera Tengah, waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 5-6 jam dengan jarak tempuh 190 kilometer melewati rute Sofifi dan Weda.

Sesampainya di Desa Sagea, peserta ekspedisi menyusuri sungai Sangeyan dengan menaiki kapal tradisional Kora-Kora untuk mencapai Goa Boki Moruru Sagea. Dalam perjalanan menuju Goa pemandangan di sekitar dipenuhi rindangnya pepohonan yang mengapit sungai Sangeyen.

Wisata Alam Kebun Teh Tambi Wonosobo, Udara Sejuk dan Bisa Lihat 4 Gunung

Namun, ada hal yang agak sedikit menyeramkan sesampainya di Goa. Suara nyanyian kelelawar Paniki pun menyambut peserta. Dan, menurut mitos dari warga setempat, ternyata Boki Moruru itu artinya putri yang menghanyutkan diri.

“Sungai Sangeyen yang menjadi jalur menuju Goa itu ditemukan putri dari Tidore yang mandi dan menghanyutkan diri, karena mengikuti alur sungai,” ujar Markus salah satu warga Desa Sagea.

Ini Solusi Mudah Perjalanan Wisata yang Nyaman dan Tenang

Menurutnya, putri tersebut tertarik mandi di sungai, karena kejernihan airnya yang berwarna biru muda. Nah, saat memasuki Goa perpaduan batu alam stalaktit dan stalakmit pun menjadi ciri khasnya dengan ukiran yang dibuat oleh alam itu sendiri.

Penerangan di dalam goa juga sangat sedikit, hanya cahaya yang masuk di antara celah celah bebatuan, maka pengunjung pun wajib menggunakan lampu senter. Usai melihat keindahan goa, tim ekspedisi bergerak menuju Lolobata National Park Inn. (asp)

Sandiaga Uno

Wisata Alam Sukabumi Viral Gegara Will Smith, Sandiaga: Luar Biasa!

Menparekraf Sandiaga Uno mengaku terkesan dengan unggahan Aktor Hollywood Will Smith yang menviralkan wisata alam Lembah Purba, Sukabumi

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024