Serunya Lari Lintas Pulau di Indonesia, Mau Ikutan?

Bali-Kei Archipelago Festival.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Guna membangun industri pariwisata, pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta membentuk sebuah program tahunan. Salah satu program yang akan pertama kali diselenggarakan tahun ini menggabungkan olahraga yang bersifat petualangan (SportVentures) dengan pagelaran eksibisi industri musik, baik nasional maupun internasional.

Yuk, Berlari 200 Ribu KM Sambil Beramal

Diberi nama Bali-Kei Archipelago Festival (BKAF) 2017, acara yang diselenggarakan 5-8 Oktober 2017 ini rencananya akan digelar tiap tahun.

BKAF dibagi menjadi dua bagian, yaitu olahraga lintas alam yang diberi nama Archipelago Run (Archirun) dan eksibisi industri musik yang diberi nama Archipelago International Music Expo (Aime). 

Berlari Sambil Beramal untuk Gajah dan Elang Bondol

"Uniknya dari program ini pun mengestafetkan Pulau Bali dan Pulau Kei," kata Andy Eric Manuhutu dari The Sophie's Choice, pihak penyelenggara di Hotel Manhattan Jakarta, Kamis, 20 Juli 2017.

Dijelaskannya, pengestafetan dua pulau itu akan dikemas dalam program lari lintas alam atau cross country run sebagai olahraga petualang berkonsep antar pulau atau inter-island. Lintasan itu akan dimulai dari Pulai Bali dan berakhir di Pulai Kei, Maluku Tenggara.

Pelari Asian Games Indonesia Juara di TNI International Marathon 2018

Nantinya peserta akan melakukan lari lintas alam salah satunya dengan jarak panjang atau long distance run-LD, dengan total jarak tempuh 84 kilometer.

"Langkah pertama dengan jarak 42 km dilakukan di Pulau Bali di area Pecatu Graha, Desa Balangan dan Jimbaran. Kemudian 42 kilometer berikutnya, akan dilanjutkan di Kepulauan Kei," kata Andy.

Meski demikian, ia mengatakan bahwa tidak semua peserta nantinya bisa ikut serta hingga ke Pulau Kei. Menurutnya, dari kuota peserta lari lintas alam jarak panjang sebanyak 200 orang, hanya 50 orang saja yang akan terpilih dengan jarak tempuh teratas. 50 orang itu terdiri dari 25 pria dan 25 wanita.

Selain itu, diadakan juga kategori lari lintas alam jarak pendek atau short distance run-SD. Lari SD memiliki jarak tempuh bervariasi dan akan diselenggarakan terpisah di Pulau Bali dan Pulau Kei. Jarak yang bisa ditempuh diantaranya 5, 10, 15  dan 20 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya