Tips Mendapatkan Kursi Terbaik di Pesawat

Suasana di kabin pesawat (ilustrasi)
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su

VIVA.co.id – Kebanyakan para traveler menggunakan pesawat untuk melakukan perjalanan jauh. Alasan menjadi pertimbangan, karena cepat dan tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai tujuan, meskipun harus merogoh kocek lebih dalam.

KNKT Beberkan Kronologi Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang Tertidur saat Terbangkan Pesawat

Tetapi, melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat membutuhkan suasana dan tempat duduk nyaman. Dilansir dari laman Indiatoday, Jumat 21 Juli 2017, para ahli dari mesin pencari perjalanan global Skyscanner dan perusahaan perjalanan Tripoto mengeluarkan tips cara mendapatkan tempat duduk terbaik di pesawat terbang pada liburan.
 
1. Mengetahui, prioritas Anda

Hal ini penting untuk mengetahui, kenyamanan apa saja yang diperlukan selama menempuh perjalanan panjang tersebut? Apakah duduk di tempat yang sedikit luas, atau mencari tempat yang tenang. 

Jelajahi Keajaiban Alam dan Budaya di Kota Paling Cerah di Australia Pakai Tiket Hemat

Jika ingin mendapatkan suasana nyaman selama perjalanan, disarankan untuk tidak memilih tempat duduk di dekat dengan dapur. Di sinilah staf bekerja menyiapkan makanan, di mana toilet berada, dan tempat kursi sekat ditempatkan. 
 
2. Lakukan hal sendiri  

Sebuah survei 2013 oleh Skyscanner mengatakan bahwa kursi 6A adalah kursi yang paling didambakan pada pesawat standar, dan kursi yang paling tidak disukai adalah 31E. Jadi, jika Anda menginginkan tempat duduk pilihan Anda, tetaplah berada di luar kompetisi dan cobalah memilih kursi dekat lorong dengan nomor ganjil.
 
3. Booking tiket lebih dahulu

Terbang Tinggi! Vietjet Air Raih Penghargaan Manajemen Keuangan dan Penerbangan

Dengan jutaan penumpang pesawat  setiap hari, ada persaingan yang sangat besar untuk mendapatkan kursi yang didambakan. Hal lain yang harus diingat adalah jika kursi yang Anda inginkan tidak tersedia, teruslah periksa kembali tiket penerbangan secara online

Banyak maskapai penerbangan diketahui bisa melepaskan kursi selambat-lambatnya satu minggu hingga sehari sebelum keberangkatan. Kursi-kursi ini sering lebih dipisahkan dan kursi di dekat pintu keluar biasanya disimpan untuk penumpang khusus.

4. Jadilah orang baik 

Senyum bisa membuat Anda mendapat tempat duduk lebih baik. Saat check in, Anda bisa bertanya kepada petugas apakah ada kursi yang kosong lainnya di kelas ekonomi, atau premium yang masih kosong, kalian bisa meng-upgrade kelas pesawat tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya