Melintasi Jalur Setapak Sepanjang Gunung Jirisan

Pemandangan matahari terbit di Cheonwangbong Peak
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Negara Korea Selatan, selama beberapa tahun belakangan ini menjadi salah satu negara yang menawarkan beragam destinasi wisata yang patut dicoba. Korsel terkenal dengan wisata K-Pop, wisata belanja, hingga yang belakangan ini mulai dilirik adalah wisata halal.

Ekonomi Digital di ASEAN Meningkat, HSBC Luncurkan Growth Fund Rp15,8 Triliun

Namun, siapa sangka di balik keterkenalannya dengan ikon K-Pop, Korea juga memiliki wisata alam yang tak kalah kerennya dengan wisata alam. Anda bisa mencoba tantangan melakukan perjalanan ke Gunung Jirisan sepanjang 295 kilometer.

Dilansir dari website Visitkorea, Senin 31 Juli 2017, dengan ketinggian 1.915 meter, Gunung Jirisan menjadi gunung tertinggi kedua di Korea, setelah Pegunungan Hallasan di Jeju (tinggi 1.950 meter). Sesuai dengan namanya, Jiri yang secara harfiah bermakna "tempat orang bodoh menjadi bijak", tempat ini telah lama menjadi kawasan favorit bagi wisatawan untuk mendisiplinkan tubuh dan pikiran.

Beda dengan Daerah Lain, Driver Ojol di Bali Mesti Wajib Bisa Bahasa Asing

Dengan 4.989 jenis flora dan fauna yang berada di pegunungan, menjadikan Jirisan sebagai sebuah harta karun bagi wisatawan yang menyukai alam. Berbagai vegetasi dari hutan beriklim hangat, sedang, dan dingin memenuhi kawasan gunung ini.

Taman Nasional Jirisan, merupakan taman nasional terbesar yang membentang di lima kota dan kabupaten (Gurye-gun, Namwon-si, Sancheong-gun, Hadong-gun, Hamyang-gun). Dalam hutan Jirisan terdapat sebuah jalan setapak yang menghubungkan kelima kota ini di masa lalu.

5 Kota Kecil Terindah di Dunia Tahun 2024, Ada Kota Indonesia Ini

Wisatawan dapat melakukan trekking di sepanjang jalan ini dan memungkinkan wisatawan untuk dapat menikmati berbagai jalur termasuk jalur yang penuh dengan lumpur, jalur hutan, jalur tepi sungai, dan banyak lagi.

Lintasan di Hutan Jirisan ini dibagi menjadi 22 bagian dengan masing-masing menawarkan pemandangan yang berbeda. Tempat yang paling populer antara lain Inwil dan Geumgye. Lintasan ini, meski agak sulit telah ditampilkan dalam program televisi populer Korea, seperti "One Night, Two Days" akibat pemandangannya yang indah. (asp)

Lahan kelapa Sawit. (Ilustrasi)

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengungkapkan, seluas 3,37 juta hektare lahan sawit terindikasi ada di dalam kawasan hutan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024