Berburu Sunrise di Kaki Gunung Merbabu

Gancik Hill Top Selo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Anda ingin menikmati indahnya matahari terbit di antara Gunung Merbabu dan Merapi? Maka tak ada lokasi lain yang lebih menarik kecuali di Gancik Hill Top Selo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pasokan dan Harga Pangan di Bali Masih Aman

Bukit di kaki Gunung Merbabu ini menawarkan pemandangan yang luar biasa indah. Bukit dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut ini merupakan destinasi baru yang kini sedang naik daun.

Pemandangan paling langka yang tersaji jika pengunjung datang pada pagi hari. Eksotisme matahari terbit di antara dua gunung Merapi-Merbabu yang sungguh menyilaukan mata.

Jakarta Lebaran Fair Bakal Temani Hari Libur, Ada Apa Saja?

Sinarnya perlahan menerangi hamparan perbukitan hijau, rumah-rumah penduduk, dengan latar langit berwarna jingga. Udara yang sejuk dan bersih membuat para pengunjung enggan beranjak dari lokasi.

Oleh masyarakat setempat, ojek wisata berburu matahari terbit ini dilengkapi sejumlah instalasi fasilitas penunjang. Mulai dari gardu pandang yang dibuat permanen dengan bambu, serta besi.

Homestay di 21 Desa Wisata Sudah Disuntik SMF Rp 13,5 Miliar

Meski sederhana, namun gazebo-gazebo setinggi 10 meter ini tetap aman untuk pengunjung berswafoto. Sejumlah warga juga telah mendirikan warung-warung sederhana untuk dipakai berjualan.

Untuk mencapai lokasi, pengunjung bisa berjalan kaki sekitar 20 menit dari pemukiman penduduk. Namun kebanyakan pengunjung memilih fasilitas objek warga dengan membayar Rp10 ribu selama sepuluh menit. Tiket masuk di Gancik Hill hanya Rp5 ribu.

Jalur masuk menuju lokasi memang cukup menantang namun tetap aman. Hijaunya hamparan ladang pertanian tembakau juga menjadi pemandangan tersendiri di tengah perjalanan.

Antok, salah satu pemuda Kelompok Sadar Wisata Gancik Hill, mengatakan, pengembangan wisata di Gancik baru dimulai sebelum Ramadan tahun ini. Sebelumnya, Gancik hanya terkenal sebagai lokasi base camp sebelum pendakian ke Gunung Merbabu.

"Saat ini sudah mulai ramai, setiap hari sekitar 50 orang yang datang. Tapi kalau Sabtu, Minggu atau hari libur bisa ratusan pengunjung," ujar Antok kepada VIVA.co.id, Jumat, 4 Agustus 2017.

Meski destinasi baru, Gancik Hill kini telah menggeliatkan ekonomi warga setempat. Saking ramainya,  omzet pada Hari Raya Idul Fitri kemarin bisa mencapai Rp60 juta.

Ternyata, keindahan alam Gancik Hill juga mencuri perhatian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Gubernur berambut putih itu bahkan menyempatkan diri mengeksplorasi bukit indah ini.

"Ini lokasinya sudah sangat top, masyarakatnya juga sangat sadar wisata, pemandangannya bagus sekali ," kata Ganjar.

Ke depan, ia yakin bahwa destinasi baru di Kecamatan Selo itu akan semakin populer. Pihak pengelola disarankan agar mengembangkan Gancik Hill dengan menambah lanskap dan wahana, agar bertambah artistik dan memiliki ciri khas tersendiri.

"Sisi artistiknya, kalau bisa dilibatkan lah para ahli lanskap dan desain ornamen, agar lebih bagus dan jauh lebih menarik. Syukur kalau ada wahana seperti flying fox, tracking, sehingga tidak statis tapi bisa dinamis," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya