Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 8 Agustus 2017 | 11:14 WIB
  • Pasha Ungu Jadi Bintang Festival Internasional Bunga Tomohon

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Agustinus Hari (Manado)
Pasha Ungu Jadi Bintang Festival Internasional Bunga Tomohon
Photo :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari
Bunga asal Tomohon untuk Festival Internasional Bunga Tomohon 2017.

VIVA.co.id - Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun 2017 digelar di tengah udara dingin kaki Gunung Lokon, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, sejak awal Agustus.

Puncak TIFF 2017 tersaji pada Selasa, 8 Agustus, yaitu kegiatan Tournament of Flower (ToF). Sebanyak 31 float atau kendaraan berhias kembang akan berparade melintasi jalan-jalan utama Kota Tomohon.

Di sela-sela kendaraan hias tampil marching band dari STPDN Tampusu dan beberapa sekolah lokal. Arak-arakan dimulai dari Stadion Babe Palar Walian dan finis di halaman Rindam Kakaskasen.

Bunga asal Tomohon untuk Festival Internasional Bunga Tomohon 2017.

FOTO: Bunga asal Tomohon untuk Festival Internasional Bunga Tomohon tahun 2017. (VIVA.co.id/Agustinus Hari)

Pemerintah Kota Tomohon selaku pelaksana menghadirkan peserta dari dalam dan luar negeri, yaitu Jepang, Australia, Sekretariat Asean, Bhutan, Nepal, Kazakhstan, Taiwan, Korea Selatan, dan Malaysia. Mereka berpartisipasi dalam parade bunga.

Sebanyak 31 kendaraan yang ikut menggunakan total 155 ribu kuntum bunga krisan. Ada satu float besar yang menghabiskan sepuluh ribu hingga dua belas ribu kuntum. Sedangkan 12 float besar dengan kebutuhan enam ribu kuntum, ditambah 18 float kecil membutuhkan empat ribu kuntum.

"Butuh empat jam untuk pawai kendaraan hias ini,” kata Wali Kota Tomohon, Jimmy F Eman, pada Senin 7 Agustus 2017.

Kepala Polres Tomohon, Ajun Komisaris Besar Polisi I Ketut Agus Kusmayadi, memiliki 34 tim untuk mengawal TIFF 2017, termasuk mengawal ToF. Kesiapan pasukan juga sudah dikoordinasikan dengan Polda Sulawesi Utara.

Ajang TIFF kali ini tak hanya parade bunga, juga diikuti deretan kegiatan lain yang akan menghadirkan artis nasional, lomba-lomba kesenian hingga pemecahan rekor Muri.

“Wawali (Wakil Wali Kota) Palu sudah mengabarkan akan hadir dan akan membawakan empat lagu,” ujar Ketua Panitia TIFF 2017, Syerly Adelyn Sompotan, yang juga Wakil Wali Kota Tomohon kepada wartawan di aula Show Window Kakaskasen, Jumat pekan lalu.

Pejabat yang dimaksud Syerly ialah Sigit Purnomo Said alias Pasha, vokalis band Ungu yang kini menjabat Wakil Wali Kota Palu di Sulawesi Tengah. “Tapi jangan panggil dia Pasha, harus disapa Pak Wakil Wali Kota,” selorohnya.

Pasha berbagi kemeriahan di podium hiburan yang berada di halaman Rindam Kakaskasen. Di situ juga tampil artis Novita Dewi, jebolan X-Factor Indonesia. Selain penampilan artis nasional dan lokal, berbagai kegiatan telah disiapkan panitia.

Kegiatan lain dari semarak TIFF sudah digelar, yaitu pengucapan syukur atau Thanksgiving pada Minggu lalu. Bersamaan telah diadakan kegiatan bakar nasi jaha yang memecahkan rekor Muri. Kegiatan bernuansa rohani-budaya itu digelar di sepanjang jalanan utama.

Selanjutnya hingga 12 Agustus, kemeriahaan TIFF terkemas dalam pameran, marching band, kontes ratu bunga, lomba paduan suara antar-denominasi gereja, lomba cipta menu. Juga penikmat musik jazz bisa larut dalam Jazz Around the Flower yang dihelat di Balihouse Resto pada 9 Agustus.