Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 8 Agustus 2017 | 15:52 WIB
  • KAI Siapkan Gerbong Mewah Khusus Wisata

  • Oleh
    • Rochimawati,
    • Isra Berlian
KAI Siapkan Gerbong Mewah Khusus Wisata
Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Melihat Interior Kereta Api Wisata Imperial

VIVA.co.id – Tren wisata menggunakan kereta api di Indonesia tidak terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sebab jarak waktu serta kurang nyamannya wisatawan selama perjalanan akibat waktu tempuh yang lumayan lama menjadi salah satu kendala. 

Namun saat ini masyarakat tidak perlu khawatir. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Pariwisata bekerja sama dengan Pegipegi menyiapkan kereta kelas priority untuk masyarakat, yakni sebuah gerbong khusus wisata yang dilengkapi fasilitas mewah.

Kereta kelas priority ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menggunakan kereta api dengan fasilitas mewah dan berkelas. Ini sekaligus memberikan alternatif bagi masyarakat agar bisa menggunakan kereta sesuai keinginan dan kebutuhan.

“Tujuan dari diluncurkannya Kereta Kelas Priority ini adalah untuk semakin memberikan alternatif bagi masyarakat agar bisa menggunakan kereta sesuai keinginan dan kebutuhan mereka. Tidak hanya kereta dengan kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif saja, tapi juga dengan kelas yang lebih dari itu," kata General Manager Marketing PT. KA Pariwisata Parevin Marhaenianto dalam keterangannya, Selasa 8 Agustus 2017.

Untuk saat ini, pihaknya baru menyediakan Kereta Kelas Priority untuk tujuan Yogyakarta dan Solo karena ingin melihat animo masyarakat terlebih dahulu.

"Jika animonya bagus, ada kemungkinan kami akan menyediakan rute perjalanan lain dan tidak hanya dihadirkan di saat akhir pekan saja," ujarnya. 

Sementara itu Takeo Kojima, CEO Pegipegi menyatakan, pihaknya selaku penyedia jasa booking online, memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin merasakan pengalaman naik kereta dengan fasilitas mewah dan lengkap ini.

"Masyarakat bisa dengan mudah memesan kereta dengan kelas baru ini di Pegipegi dengan melihat yang bertanda khusus KA Priority pada halaman pemesanan kereta api. Melihat harga tiket Kereta Wisata Priority yang cukup mahal, kami hadirkan diskon khusus hingga 10 persen bagi masyarakat. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini, ” kata Takeo Kojima.

Kereta Kelas Priority ini melayani tujuan Jakarta ke Yogyakarta, dan Jakarta ke Solo dengan kapasitas 30 kursi penumpang di setiap gerbongnya. Untuk tujuan Jakarta ke Solo, Kereta Kelas Priority terdapat pada KA Argo Lawu Priority dan KA Argo Dwipangga Priority.

Sedangkan untuk tujuan Jakarta ke Yogyakarta, terdapat pada rangkaian KA Taksaka Priority. Beroperasi setiap akhir pekan, Kereta Kelas Priority berangkat dari Jakarta ke Solo pada hari Jumat pukul 20.15, dan pukul 20.45 untuk tujuan Yogyakarta.

Sedangkan keberangkatan dari Solo hanya di hari Minggu pukul 20.00, dan dari Yogyakarta juga di hari Minggu pada pukul 20.00 dan 20.57.