Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 8 Agustus 2017 | 18:43 WIB
  • Menjelajahi ASEAN Tak Cukup Hanya Satu Negara

  • Oleh
    • Maya Sofia,
    • Isra Berlian
Menjelajahi ASEAN Tak Cukup Hanya Satu Negara
Photo :
  • Pexels
Ilustrasi backpacker.

VIVA.co.id – Jika dahulu turis hanya melancong ke satu negara saja dalam satu kesempatan, kini mereka tampaknya berambisi menjelajahi lebih banyak tempat. Tujuannya, tentu saja untuk mengeksplorasi banyak budaya dan keindahan alam negara-negara tersebut.

Nah, buat Anda yang hobi travelling ke banyak negara, bisa memanfaatkan paket perjalanan wisata yang ditawarkan oleh ASEAN Tourism Association (ASEANTA). Seperti diketahui, ASEANTA yang beranggotakan maskapai penerbangan, asosiasi agen perjalanan, asosiasi perhotelan dan badan promosi wisata di kawasan ASEAN sepakat mempromosikan dua negara di kawasan Asia Tenggara.

"Kita sudah mulainya 2-3 bulan lalu. Kita buat Sky Caravan itu supaya bisa single trip untuk seorang yang melakukan wisata sendiri mendatangi atau mengunjungi dua atau lebih negara di ASEAN,” ujar salah seorang perwakilan ASEANTA dari Indonesia, Elly Hutabarat, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa, 8 Agustus 2017.

Elly mengungkapkan, ia telah berkoordinasi dengan sejumlah agen perjalanan di Asia Tenggara untuk membuat satu paket wisata. Ia juga mendatangkan agen perjalanan, blogger, hingga jurnalis dari luar negeri untuk merasakan pengalaman wisata di Indonesia. “Setidaknya ke dua negara di ASEAN,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu agen perjalanan asal Thailand berharap dapat membuat paket-paket wisata, salah satunya ke Indonesia. Sebab, pariwisata Indonesia semakin diminati oleh warganya.

"Ketika kami kembali ke negara asal kami, kami dapat membuat sebuah paket perjalanan wisata yang akan dijual ke warga Thailand untuk dapat datang ke beberapa negara di ASEAN, salah satunya ke Indonesia," ujar Wakil Direktur Thai Travel Agent Asostiation Wachira Wichaiwatan. 

Wachira menjelaskan bahwa warga Thailand lebih tertarik dengan Bali. Meski demikian, Bromo juga mulai dilirik oleh masyarakat Negeri Gajah Putih tersebut. "Mereka mengincar Bromo untuk melihat keindahan matahari terbit,” tuturnya.

Wachira  juga berencana membuat paket wisata Borobudur yang akan dikolaborasikan dengan Bali, mengingat Borobudur juga menjadi salah satu destinasi yang dilirik warga Thailand untuk menikmati keindahan matahari terbit.

Ia menyebut, masyarakat Thailand merespons dengan baik tur-tur atau paket perjalanan ke Indonesia. Dia pun mengungkapkan, wisatawan Thailand yang datang ke Indonesia mengalami kenaikan sebesar 20 persen dibandingkan tahun lalu.