Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 9 Agustus 2017 | 18:34 WIB
  • Indonesia Penyumbang Wisman Tertinggi Kedua di Malaysia

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Isra Berlian
Indonesia Penyumbang Wisman Tertinggi Kedua di Malaysia
Photo :
  • Pixabay/Walkerssk
Wisata Malaysia.

VIVA.co.id – Malaysia ternyata menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang sering dikunjungi masyarakat Indonesia. Kedekatan jarak, budaya dan persamaan bahasa menjadi salah satu alasan masyarakat Indonesia memilih berwisata ke Malaysia.

General Director Malaysia Tourism Promotion Board, Datuk Seri Mirza Mohammad Taiyab mengutarakan,wisatawan asal Indonesia menjadi urutan kedua sebagai penyumbang wisatawan terbanyak yang datang ke Malaysia. Urutan pertama sendiri diduduki Singapura.

Sebagai informasi, tahun ini Malaysia menargetkan 30 juta kunjungan wisatawan.

"Wisatawan Indonesia yang datang ke Malaysia menjadi wisatawan tertinggi kedua setelah Singapura. Untuk jumlah kunjungan wisatawan asal Indonesia yang datang ke Malaysia sebesar 2,5 juta sedangkan Singapura (di posisi pertama) sebesar 12 juta," ujarnya kepada VIVA.co.id saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat baru-baru ini.

Ia menyebut, daerah di Malaysia yang paling banyak dijadikan tujuan liburan wisatawan adalah Kuala Lumpur, yang memang merupakan destinasi favorit untuk berbelanja.

"Paling banyak ke Kuala Lumpur, di sana lebih ke shopping, theme park entertaiment, gaming. Kemudian Pulau Pinang yang terkenal dengan wisata pantai dan medical tourism populer juga untuk wisata kapal pesiar,” katanya menjelaskan.

Ia juga mengatakan Johor Baru dan Kota Kinabalu juga banyak dikunjungi wisatawan dari Hongkong, Korea, Jepang dan China. Menurutnya, mereka memang menyasar wisata pantai seperti Pantai Darlit, Pulau Sipadan hingga wisata Gunung Kinabalu.