Patung Lingkaran Kehidupan di Bawah Laut Bali

Nest, di Gili Meno
Sumber :

VIVA.co.id – Bali terkenal dengan wisata budaya dan alam yang indah. Ada banyak atraksi unik dan menarik wisatawan mancanegara ke Bali. 

5 Destinasi Wisata Seru di Bali, Cocok untuk Liburan Keluarga

Baru-baru ini Bali akan memiliki atraksi laut menakjubkan, menakutkan, dan menawan. Kumpulan patung-patung manusia bersemayam di bawah laut Gili Meno, tak jauh dari Bali atau lebih tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat.  

Patung-patung ini yang diberi judul "Nest". Karya seni ini menampilkan 48 sosok manusia, dengan ukuran layaknya manusia umumnya, berdiri meringkuk dan saling berpelukan di lepas pantai Gili Meno.

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan

Setiap sosok di Nest diciptakan dengan menggunakan gips orang sungguhan, membuat patung unik ini benar-benar sesuai dengan ekspresi wajah mereka sendiri.

Patung ini dibuat oleh pematung, dan pemerhati lingkungan Jason deCaires Taylor, yang juga membuat kreasi serupa di Karibia, Sungai Thames dan Kepulauan Canary. Meski ciptaan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, tujuan dari proyek ini adalah untuk mendorong pertumbuhan terumbu karang.

KIRANA Group Mengubah Lanskap Pariwisata Bali dengan Inisiatif Baru

Pulau Gili Meno dikenal dengan habitat penyu dan ekosistemnya yang berlimpah. Agar dapat beradaptasi dengan lingkungan, patung dibuat dari bahan ramah lingkungan dengan pH netral, sehingga dalam setahun patung-patung tersebut menyatu dengan terumbu karang

"Yang paling utama pembuatan Nest ini adalah untuk ruang lingkungan. Patung itu disusun dalam formasi melingkar sebagai lambang lingkaran kehidupan, dan mereka segera tumbuh dengan kehidupan. Karang lunak dan spons harus berkembang dengan cepat menjadi terumbu karang yang mapan," kata deCaires Taylor dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Nine.

Untuk sampai ke sana hanya butuh berenang sebentar. Patung itu duduk di perairan dangkal, Anda dapat berenang dari klub pantai di BASK Gili Meno, yang akan dibuka dengan 87 vila mewah pada 2019. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya