Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 12 Agustus 2017 | 22:18 WIB
  • Ribuan Warga Padati Monas, Lihat Indahnya Air Mancur Menari

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Bayu Nugraha
Ribuan Warga Padati Monas, Lihat Indahnya Air Mancur Menari
Photo :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha
Monas

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, hari ini, Sabtu, 12 Agustus 2017, meresmikan air mancur menari di Monas. Peresmian air mancur yang terletak di sisi barat Monas ini menjadi perhatian warga. Ribuan warga langsung memadati lokasi peresmian.

Pantauan VIVA.co.id, acara peresmian ini dihadiri oleh pejabat Pemprov DKI dan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Soemarsono.

Djarot pun tiba di lokasi peresmian sekitar pukul 20.30 WIB. Saat menuju lokasi peresmian, warga pun meneriaki Djarot dan meminta salam serta foto. Acara pun dibuka dengan sambutan Kepala KPK (Kantor Pengelola Kawasan) Monas, Sabdo Kristianto.

Salah seorang warga bernama Ika (40 tahun) mengatakan, awalnye ke Monas untuk rekreasi sama keluarganya. Namun mengetahui adanya peresmian air mancur, dia menyempatkan diri menyaksikannya.

"Sebenarnya enggak tahu ada peresmian, kebetulan mau jalan-jalan ternyata ada peresmian air mancur. Sekalian nonton," kata Ika yang asal Bekasi di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu 12 Agustus 2017.

Sementara itu, Yusuf (36) warga asal Depok mengatakan, memang sengaja mendatangi kawasan Monas untuk menyaksikan peresmian Air Mancur Menari Monas. "Saya memang sengaja datang untuk menyaksikan air mancur," katanya.

Peresmian Air Mancur Pesona berbarengan dengan peresmian pengadaan toilet di dalam kawasan Monas. Selain itu, terdapat pula sejumlah fasilitas publik yakni lapangan olahraga berupa 1 lapangan basket, 4 lapangan futsal, beserta 1 lapangan voli yang bisa digunakan secara gratis.

Sekadar informasi, Air Mancur Pesona Monas diresmikan pada tahun 2005 pada lokasi air mancur masa Gubernur Ali Sadikin tahun 1974. Pembangunan air mancur telah sesuai dengan Masterplan  (Rencana Tapak dan Pedoman Pembangunan Fisik Taman Medan Merdeka) yang berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta No. 792 tahun 1997. Air Mancur Pesona terakhir beroperasi tahun 2009.

Perbaikan Air Mancur Pesona Monas tidak menggunakan APBD, namun dilakukan secara bergotong-royong oleh Petugas Mechanical Electrical UPK Monas. Hal ini berawal dari pengurasan kolam untuk mengurangi serangan nyamuk, dan pembersihan pompa sebagai upaya penyelamatan aset. Usaha untuk menyalakan kembali pompa kemudian berlanjut menjadi upaya penyalaan kembali air mancur. Namun upaya ini belum maksimal.

Rencananya, Air Mancur yang disebut Air Mancur Pesona Monas ini akan menjadi hiburan masyarakat Jakarta jika berkunjung ke Monas. Atraksi Air Mancur ini pun akan dibuka setiap Sabtu dan Minggu pada pukul 19.30 dan 20.30 WIB yang masing-masing berlangsung selama 30 menit serta tidak dipungut biaya. (one)