Wisata Negara Tetangga Lebih Digandrungi Ketimbang RI?

Potensi Wisata Mangrove di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA.co.id – World Tourism Park resmi merilis logo dan WTP Forum sebagai langkah untuk menyatukan seluruh masyarakat Indonesia kedalam satu visi besar yaitu Indonesia Sebagai Kawasan Taman Wisata Dunia.

10 Destinasi yang Terkenal dengan Wisata Seksnya

Tujuan lain forum itu, juga menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya kawasan wisata terbesar dan terlengkap di dunia.

CEO WTPF Daniel Kumendong, mengatakan, WTP Forum 2017 akan diselenggarakan di Jakarta sebagai WTP Forum pertama dan akan mengambil Tema Besar Indonesia The World Tourism Park. Hal itu difokuskan pada persiapan para perwakilan daerah guna menjadikan ke-45 peserta event New 9 Wonderful sebagai Ikon wisata di masing-masing Provinsi.

6 Destinasi Wisata Alam Terbaik 2018, Termasuk Indonesia

“Jadi, sebelum event diluncurkan pada tahun 2018 bertepatan dengan Asian Games 2018. Beberapa potensi wisatanya yang memiliki level dunia akan digelar. Karena, kami yakin Indonesia sangat layak dijadikan sebagai tamannya wisata dunia,” ujar Daniel melalui keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Rabu 16 Agustus 2017.

Lanjut Daniel, ada ratusan, bahkan ribuan destinasi wisata Indonesia dari gugusan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke yang memesona. Sayangnya, keindahan wisata Indonesia masih kalah pamor dengan negara tetangga, Singapura misalnya.

Lupakan Prancis, 5 Negara Eropa ini Cantik dan Murah

Daniel Kumendong mengungkapkan kelemahan Indonesia adalah kemasan tempat wisata yang kurang menarik. Kata dia, Indonesia percuma punya banyak potensi wisata tapi tak tahu bagaimana cara pengemasannya sehingga dapat dilirik wisatawan dalam, dan luar negeri.

"Singapura kan sebenarnya tidak punya produk wisata yang bagus. Tapi banyak didatangi masyarakat dunia, termasuk Indonesia, karena kemasannya baik. Begitu juga Malaysia, kemasan destinasi wisatanya sangat baik. Indonesia harus contoh itu agar semakin banyak didatangi wisatawan mancanegara," ujar Daniel.

Salah satu cara membuat kemasan destinasi wisata menjadi lebih menarik, sambung Daniel, melalui branding ditetapkannya Indonesia sebagai Taman Wisata Dunia. Dengan branding ini, Daniel optimis wisata Indonesia bisa dikenal luas ke dunia internasional.

"Kita akan menyiapkan deklarasinya di World Tourism Park (WTP) Forum, di mana pemerintah pusat dan daerah akan berkumpul untuk mendeklarasikannya pada November mendatang," jelas dia.

Selain deklarasi Indonesia sebagai Taman Wisata Dunia, Daniel mengatakan, pihaknya juga akan mengajak masyarakat untuk memilih 9 dari 45 destinasi wisata unggulan dari 34 provinsi di seluruh Indonesia serta telah menginventaris 10 Potensi Wisata Unggulan Indonesia meliputi wisata alam, wisata bahari, wisata udara, wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata buah, wisata belanja, wisata fashion, dan wisata MICE.

"Kami tentu berharap agar Presiden Jokowi bisa ikut mendukung rencana deklarasi Indonesia sebagai kawasan taman wisata dunia karena ini sesuai dengan ekspektasi beliau saat menjabat Gubernur Jakarta beberapa tahun lalu," ujarnya.

Sementara itu Kasubdit Penataan Daerah Wilayah 2 Kemendagri, Nurbowo mengatakan, bahwa konsep taman dunia merupakan gagasan yang cemerlang, mengingat Indonesia masuk di peringkat ke 3 dunia dalam segi pariwisata. Bahkan tidak tertutup kemungkinan bisa jadi peringkat pertama.

“Semoga gagasan ini bukan hanya di level Dirjen saja, tapi bisa sampai ke level Menteri dan saya mendukung WTP Foundation untuk memperkenalkan Indonesia sebagai Kawasan Taman Wisata Dunia, dengan menyiapkan sebuah sistem, guna menggerakkan masyarakat di dalam kawasan tersebut agar bisa bersatu menjadi “Tim Publikasi” antar provinsi maupun antar negara, baik secara perorangan, kelompok, lembaga, maupun institusi, secara tepat guna dan tepat sasaran,” kata Nurbowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya