Hari Terbaik Memesan Tiket Murah Pesawat

Ilustrasi pesawat terbang.
Sumber :
  • REUTERS/Greg Baker/Pool

VIVA.co.id – Melakukan perjalanan menggunakan pesawat menjadi salah satu hal yang menyenangkan terutama terkait dengan kecepatan sampai di tempat tujuan, dibandingkan dengan menggunakan moda transportasi lainnya. Namun tiket pesawat terbang lebih mahal dibandingkan tiket moda transportasi lainnya.

Terpopuler: Ustaz Khalid Basalamah Beri Peringatan ke Pelawak sampai Tiket Pesawat Murah

Perlu ketepatan dan kecerdikan para calon pembeli tiket pesawat untuk mendapatkan harga tiket yang murah. Jika tidak, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih mahal dari biasanya, yang menyebabkan Anda membatalkan niat liburan ke tempat yang diimpikan.

Dilansir dari Expedia, Senin 21 Agustus 2017, ada cara dan hari tertentu untuk dapat membeli tiket pesawat dengan harga yang lebih murah, berikut ini ulasannya.

Aksi Tipu-tipu Wanita Muda di Parepare Tawarkan Tiket Pesawat Murah, Raup Puluhan Juta

1. Hari terbaik untuk membeli tiket

Hari Minggu menjadi hari paling baik untuk membeli tiket penerbangan ke Amerika, Eropa dan Asia. Expedia and Airlines Reporting Corp menyebut, memesan tiket pada hari Minggu menghemat menghemat 11 hingga 38 persen, dibandingkan jika memesan pada hari Jumat.

Jelajah Danau Batur, Tempat Wisata dengan Pesona Eksotis di Bali

Selain itu, pada hari Selasa pukul 3 sore pun menjadi hari yang tepat untuk membeli tiket pesawat, sebab menurut FareCompare, pada jam itulah pihak maskapai memberikan diskon tiket pesawat untuk bersaing dengan kompetitor mereka.

2. Hari terburuk untuk membeli tiket pesawat

Hindari membeli tiket pada hari Jumat. Hari ini dianggap menjadi hari yang tidak tepat untuk membeli tiket pesawat, karena pihak maskapai akan menaikkan harga tiket mereka.

3. Memesan tiket dari jauh-jauh hari

Untuk pembelian tiket penerbangan paling tidak tiga bulan menjelang keberangkatan atau setidaknya 21 hari sebelum keberangkatan. Terutama bila Anda mempertimbangkan melakukan penerbangan saat musim berlibur.

4. Memilih hari terbaik untuk terbang

Pilihlah hari Selasa atau Rabu karena pada saat itu terjadi kekosongan kursi pesawat. Saat itu pihak maskapai mencoba mengisi pesawat mereka. Untuk wisatawan bisnis, cenderung memilih melakukan perjalanan pada hari Senin dan Jumat.

Sedangkan para wisatawan sering memilih penerbangan hari Minggu untuk pulang. Penerbangan pada Sabtu malam juga dinilai sering memberikan harga yang murah.

5. Waktu yang tepat untuk membeli tiket pesawat saat liburan

Pada saat high season yang kerap terjadi pada akhir tahun karena berdekatan dengan libur Natal dan Tahun Baru, Skyscanner memberikan alternatif pilihan jadwal penerbangan. Untuk Natal dapat melakukan pemesanan pada 21 November, sedangkan untuk Tahun Baru, waktu terbaik untuk membuat rencana liburan adalah pada tanggal 5 Desember.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya