Fenomena Mistis Sel Tahanan Eks Soekarno

Situs eks penjara mantan Republik Indonesia Ir. Soekarno di Banceuy, Bandung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id – Situs penjara mantan Republik Indonesia Ir. Soekarno di Banceuy Kota Bandung, Jawa Barat, menyisakan fenomena-fenomena mistis. Patung Soekarno terbuat dari bahan perunggu itu berdiri di dekat sel penjara berukuran 210 sentimeter, dengan lebar 146 sentimeter dan tinggi 350 sentimeter. Tertutup rapi dengan hiasan bendera merah putih.

6 Fakta Menarik Minas Gerais, Kota Kelahiran Legenda Sepakbola Brasil Pele

Pengelola situs, Ahmad mengungkapkan fenomena mistis yang bermunculan bukan berarti keadaan di situs bersuasana horor. Menurutnya, keadaan aneh kerap muncul jika pengunjung seenaknya.

Karena itu, etika pengunjung saat mengunjungi situ juga harus menjadi perhatian. Titik yang mesti diperhatikan, yaitu sel tahanan penjara Soekarno.

Wow, Ini Dia 6 Keajaiban Alam Unik yang Hanya Ada di Indonesia

"Percaya enggak percaya, makanya tidak sembarang buka. Fenomena-fenomena sudah terjadi, dulu kameranya terbakar, yang maksa mau masuk pingsan," kata Ahmad di Bandung Jawa Barat, belum lama ini.

Para pengunjung diimbau jangan asal mengambil gambar tanpa seizin pengelola. "Kalau maksa, ibaratnya ketitipan rumah, tanpa izin yang punya, masuk, diomelinkan. Enggak beda kaya gitu," katanya.

Sensasi Tidur 'Menggantung' di Pohon Pinus dengan Cara Mewah

Menurutnya, tidak ada ritual khusus dalam perawatan sel tahanan meski di dalamnya terdapat dupa dan susunan ranjang yang khas pada masa penjajahan. "Sel tahanan dibersihkan setiap hari Senin, dibukanya satu jam dan waktu pagi," katanya.

Menurutnya, suka tidak suka selama menjaga sel tahanan sejak 1982, terdapat fenomena-fenomena tertentu jika di lokasi ini terdapat pengunjung berlaku seenaknya.

"Suasana di dalam beda, masuk sih bisa masuk. Misalnya ada yang minta, kalau feeling ngasih izin, ya boleh," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya