Mengekplorasi Keindahan Gugusan Kepulauan Banyak

Keindahan Pulau Sikandang, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA.co.id – Kepulauan Banyak kini menjadi salah satu destinasi wisata mancanegara di Aceh. Kepulauan Banyak terdiri dari gugusan pulau-pulau yang berjumlah 99 pulau yang terletak diantara dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Pulau Banyak dan Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil.

Aceh Siapkan 110 Event Wisata di 2020 Demi Gaet 3 Juta Wisatawan

Tempat ini masih perawan. Keindahan alamnya masih alami, natural, dan jarang dijamah. Hampir semua gugusan Kepulauan Banyak memiliki pantai berpasir putih bersih, dan memiliki air laut jernih.

VIVA.co.id mencoba mengeksplorasi beberapa pulau yang hits di kalangan wisatawan, seperti Pulau Tailana, Pulau Asok, Pulau Palambak, Pulau Rangik, Pulau Panjang, Pulau Sikandang dan Pulau Malelo (Pulau yang hanya tinggal Pasir). Deretan Pulau ini berjarak cukup dekat, hanya memakan waktu 1–2 jam bila berangkat dari Kecamatan Pulau Banyak menggunakan perahu mesin milik nelayan.

‘Aceh Halal Tourism’, Branding Baru Pariwisata Aceh

Pulau-pulau itu memiliki sejumlah titik spot untuk snorkeling, tentunya pengunjung akan disuguhkan dengan gugusan terumbu karang yang begitu indah, dan ikan-ikan yang berwarna-warni. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat keindahan gugusan Pulau dari Menara Mercusuar setinggi 35 meter yang terletak di Pulau Rangik.

“Kebanyakan wisatawan baik domestik maupun mancanegara lebih memilih pulau tersebut untuk snorkeling atau hanya sekadar bersantai, berjemur dan sebagainya,” kata salah seorang pegiat wisata di Pulau Banyak, Mefrian Permana kepada VIVA.co.id.

Mampir Yuk ke Buntul Rintis, Tempat Wisata yang Instagramable di Aceh

Sementara lokasi surfing ada di Ujung Lolok dan Pulau Bangkaru. Lokasi ini menjadi primadona bagi wisatawan asing untuk berselancar. Sebab, di sana ombak laut bertinggi rata-rata mencapai lima Meter. Ombak itu datang setiap satu menit sekali, terutama saat musim angin barat pada bulan April-Agustus.

Wisatawan berselancar di Ujung Lolok, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

Transportasi

Ada beberapa moda transportasi yang ditawarkan untuk bisa sampai ke Kepulauan Banyak. Jika dari Medan, Sumatera Utara, waktu tempuh jalur darat sekitar tujuh jam perjalanan untuk bisa sampai ke Aceh Singkil. Kemudian jika dari Banda Aceh, waktu tempuh mencapai 12 jam untuk sampai ke Kabupaten Aceh Singkil.

Setelah di Kabupaten Aceh Singkil, pengunjung harus menyeberang menggunakan Kapal Ferry untuk bisa sampai ke Kecamatan Pulau Banyak dengan biaya Rp27 ribu dengan jarak tempuh empat jam. Jadwalnya dua kali dalam satu minggu.  

Atau menggunakan kapal kayu milik nelayan dengan jadwal keberangkatan setiap hari. Tarif tiket kapal hanya Rp 25 ribu, dan jarak tempuh mencapai tiga jam. Bila beruntung, selama perjalanan pengunjung bisa melihat gerombolan paus.

Tiba di Kecamatan Pulau Banyak, pengunjung yang hendak mengunjungi pulau-pulau eksotis itu, harus menyebrang lagi dengan perahu mesin dengan biaya Rp150 ribu per orang untuk bisa menjelajahi enam sampai tujuh pulau.

Atau dengan mancarter jasa speed boat untuk langsung ke lokasi dengan biaya Rp 1,5 juta–Rp 2,5 juta. Tapi itu tergantung jauh dekat pulau yang ingin dikunjungi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya