Lwa Gajah Bali, Wisata Religi Menyejukkan Hati

Goa Gajah Bali
Sumber :
  • Viva.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id – Pulau Bali memang tak pernah habis untuk dieksplorasi. Beragam destinasi wisata bisa dijumpai di Pulau Seribu Pura ini. Salah satunya adalah Goa Gajah yang terletak di Desa Berukuran, Kecamatan Blah batu, Kabupaten Gianyar. 

7 Tempat Wisata di Bali untuk Liburan Selain Pantai

Sebetulnya, Goa Gajah tak memiliki hubungan langsung dengan hewan bertubuh besar tersebut. Goa Gajah sendiri sesungguhnya merupakan sebuah Pura, tempat persembahyangan umat Hindu Bali. Kata Goa Gajah diambil kata 'Lwa Gajah' sebagaimana tertulis dalam lontar Negarakertagama yang disusun oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 Masehi.

Lwa bermakna sungai, sementara Gajah bermakna tempat pertapaan atau semedi. Itu sebabnya, jika ingin memasuki areal suci ini pengunjung harus dalam kondisi suci. Bagi perempuan yang sedang masa haid tak diperkenankan memasuki areal Goa Gajah. 

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

Selain itu, nama Goa Gajah sendiri digunakan lantaran di dalam goa terdapat patung arca Ganesha. Jika dilihat dari kejauhan, bangunan goa tersebut juga mirip dengan gajah. 

Sejumlah wisatawan mancanegara lalu lalang di sekitar lokasi. Mereka tertarik mengikuti trip wisata religi yang ditawarkan oleh agen perjalanan wisata. 

Serunya Bermain Salju di Pulau Dewata

Memasuki Goa Gajah, kita hanya cukup merogoh kocek Rp15 ribu bagi orang dewasa dan Rp7 ribu bagi anak-anak. Untuk masuk ke areal Goa Gajah, kita harus menuruni anak tangga. Usai menuruni beberapa anak tangga, kita akan melihat tumpukan batu bekas bangunan yang hancur karena gempa. Batu-batu itu disusun rapi sehingga menjadi obyek wisata tersendiri. 

Di sebelah kanan terdapat tujuh air mancur suci. Pengunjung dipersilakan turun ke pancuran air ini. Tak jauh dari sini, terlihat jelas mulut goa agar kita bisa masuk ke dalam. Dengan lebar dan tinggi sekira 2 meter, kita harus antre untuk masuk ke dalam goa. 

Masuk ke dalam, goa itu mirip huruf timbul, di mana terdapat percabangan ke kiri dan ke kanan. Di dalamnya terdapat arca tempat untuk melakukan ritual persembahyangan. Total ada tujuh patung arca di dalam goa ini yang ditaruh di dalam ceruk. Pada ujung barat lorong terdapat patung arca Ganesha. Sementara di ujung lorong bagian timur terdapat tiga lingga. 

Di sekitar areal Goa Gajah juga terdapat pohon-pohon berukuran besar yang konon usianya sudah berabad-abad lamanya. Tak ayal, keberadaan pohon-pohon itu semakin membuat sejuk di sekitaran lokasi. Jika Anda tertarik ke lokasi, jarak tempuh dari Kota Denpasar sejauh 26 kilometer dan memakan waktu sekira 1 jam perjalanan. Di sepanjang perjalanan banyak penunjuk arah untuk sampai ke Goa Gajah. 

Lokasi Goa Gajah berada di sebelah barat Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Gianyar. Goa Gajah terletak di tepi jurang pertemuan dari sungai kecil di desa tersebut. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya