Pesona Danau Weekuri yang Tersembunyi

Danau Weekuri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Fundrika

VIVA.co.id – Kawasan Sumba, Nusa Tenggara Timur, menyimpan banyak destinasi wisata tersembunyi yang sayang untuk dilewatkan. Jika berkesempatan mengunjungi pulau di wilayah Timur Indonesia ini, maka anda wajib mengunjungi Danau Weekuri di Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Dangar Ode, Surga Kecil di Sumbawa

Danau yang terletak di balik bukit karang tajam ini memiliki pemandangan yang indah. Laguna yang terbentuk dari campuran air laut dan air payau ini memantulkan warna biru dari kejauhan menjadi daya tarik tersendiri bagi danau ini.

Hal ini membuat siapa saja yang datang mengunjunginya tak tahan untuk merasakan kesegarannya. Namun, jika ingin mendapatkan pemandangan terbaik, sebaiknya datang sebelum pukul 15.00 WITA. Sebab, pada jam tersebut air danau menjadi surut, yang membuat pantulan jernihnya air menjadi berkurang. Tapi tentu hal tersebut tidak menjadi alasan untuk berenang.

Keindahan Pulau Moyo yang Sering Dikunjungi Para Pesohor Dunia

Di samping itu, yang mesti menjadi perhatian jika ingin bermain air di dalamnya, yakni kedalaman air. Pada saat pasang, danau ini memiliki kedalaman mencapai empat meter pada bagian tengah, sedangkan bagian pinggir memiliki kedalaman 2,5 meter. Pada saat surut pada bagian pinggir hanya memiliki kedalaman kurang lebih dari satu meter.

Selain itu, perhatikan arah berenang, karena di dalam Danau Weekuri juga terdapat bulu babi, yang tentunya cukup berbahaya jika terinjak atau mengenai bagian tubuh. Bagi Anda yang berencana memburu momen matahari terbenam, destinasi ini juga menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan momen tersebut.

Tak Perlu Jauh ke Jepang, Sumba juga Punya Bunga Sakura

Hanya saja, lokasi Danau Weekuri cukup tersembunyi dan memiliki medan yang lumayan sulit. Selama perjalanan ke sana hampir tidak ada papan penunjuk jalan, dan medan yang beragam mulai dari aspal halus hingga pasir bebatuan.

Tempat ini hanya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi, sebab belum ada kendaraan umum yang menuju ke sana. Untuk itu, akan lebih baik jika menyewa kendaraan sekaligus supir yang bisa menjadi pemandu.

Danau Weekuri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya