Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 06:36 WIB
  • Ingin Liburan Hemat Tanpa Masalah? Terapkan 5 Kebiasaan Ini

  • Oleh
    • Ririn Aprilia
Ingin Liburan Hemat Tanpa Masalah? Terapkan 5 Kebiasaan Ini
Photo :
  • www.eccireland.ie
Liburan di pantai

VIVA.co.id – Kehidupan di kota besar tentu identik dengan kesibukan. Karena kesibukan itulah, tak jarang seseorang membutuhkan waktu khusus untuk berlibur dan lepas dari kegiatan kesehariannya. Meski begitu, berlibur membutuhkan biaya khusus agar bisa berjalanan dengan baik.

Alih-alih mengumpulkan biaya yang banyak, beberapa orang justru memilih liburan hemat alias ala backpacker. Berbagai cara dilakukan untuk tetap bisa berlibur tanpa mengeluarkan biaya besar. Sayangnya, terkadang cara ini kurang efektif jika tak dipikirkan dengan matang. Misalnya, ingin keluar bujet sedikit untuk penginapan, malah mendapatkan hotel kotor tanpa fasilitas memadai. Anda bisa merugi, bukan?

Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai menerapkan 5 kebiasaan baik berikut agar liburan hemat selanjutnya benar-benar jauh dari masalah.

1.    Menyisihkan 10% gaji sebagai tabungan liburan
Mengingat liburan pasti membutuhkan biaya yang cukup besar, maka sebaiknya Anda membiasakan diri untuk memiliki tabungan khusus. Sisihkan uang sekurang-kurangnya 10% dari gaji bulanantrave Anda untuk tabungan pada pos khusus. Jika perlu, buka rekening tersendiri untuk tabungan liburan sehingga Anda tidak tergoda menggunakannya untuk hal lain. Ingatlah untuk berkomitmen melakukan ini secara rutin. Dalam waktu tiga bulan, tabungan ini mungkin sudah bisa membawa Anda liburan singkat ke kota tetangga.

2.    Memilih waktu yang tepat, coba hindari musim liburan
Sebagai pekerja, Anda tentu dapat memilih waktu liburan lebih fleksibel dibandingkan anak sekolahan. Jika ingin liburan lebih hemat, sebaiknya minta waktu cuti di luar musim liburan. Pada akhir pekan dan musim liburan, biasanya harga tiket pesawat, hotel, dan tiket masuk tempat wisata membengkak hingga berkali-kali lipat. Dengan memilih waktu di luar hari libur, Anda bisa menghemat biaya hingga 50% lebih! Selain itu, berlibur di luar musim liburan juga lebih tenang dan nyaman karena destinasi populer sekalipun umumnya menjadi sepi.

3.    Rajin riset tentang traveling murah di internet
Rahasia utama dalam liburan hemat adalah rajin mencari informasi di internet. Manfaatkan gadget Anda untuk mendapatkan informasi bermanfaat mengenai destinasi murah, tempat makan murah, hotel murah, hingga cara mendapatkan tiket murah. Untuk hal satu ini, Anda juga harus pintar-pintar memilih informasi karena tidak semuanya benar. Jangan malu untuk ikut berdiskusi dalam komunitas online backpacker yang biasanya paling ahli dalam urusan liburan hemat.

4.    Memesan tiket promo dan hotel secara online
Demi liburan hemat, Anda harus biasakan memesan tiket promo melalui Online Travel Agent (OTA) karena lebih praktis. Menariknya lagi, tiket promo juga sering ditawarkan bersamaan dengan paket wisata tertentu yang mungkin cocok dengan gaya liburan Anda. Selain transportasi, pun tersedia beragam penginapan berdasar jenis maupun bintang, dengan begitu Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Dua hal penting dalam liburan tersebut bisa didapatkan dengan tarif murah dan tetap berkualitas jika Anda booking melalui OTA terpercaya, yang tak hanya menyediakan pilihan lengkap, tetapi juga memberikan harga yang jujur. Salah satu contohnya adalah Traveloka.com. Penggunanya akan langsung melihat besaran harga yang nantinya akan ia bayarkan, sedari awal. Besaran harga yang muncul di situs atau aplikasi Traveloka sudah merupakan harga total, tanpa tambahan terselubung lain yang biasanya muncul pada akhir tahap menuju proses eksekusi pembayaran.

5.    Memilih kuliner rujukan orang lokal
Membiasakan diri untuk makan di tempat makan rujukan lokal akan memastikan Anda mendapatkan liburan hemat yang lebih berkesan. Pasalnya, orang lokal pasti tahu tempat makan yang menawarkan makanan autentik dengan harga yang merakyat. Biasanya, tempat-tempat makan tersebut Anda temukan di dalam pasar, di dalam gang, bahkan mungkin di dalam rumah penduduk. Tentunya ini juga akan memperkaya pengalaman budaya Anda.

Liburan hemat memang tak ada salahnya, namun akan bermasalah jika Anda tak melakukan beberapa langkah tersebut. Yuk, terapkan tipsnya agar kegiatan berlibur semakin menyenangkan!