Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 14 September 2017 | 11:51 WIB
  • Mengenal Kehidupan Pertanian di 5 Desa Wisata di Jawa Tengah

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Mengenal Kehidupan Pertanian di 5 Desa Wisata di Jawa Tengah
Photo :
  • Istimewa
Desa Wisata Kandri, Gunung Pati di Semarang

VIVA.co.id – Pernahkah Anda ingin mengenal lebih dekat masyarakat di destinasi berlibur Anda? Mulai dari ikut berpartisipasi dalam kegiatan pertanian tradisional atau belajar kebudayaan masyarakat lokal.

Berinteraksi dengan masyarakat lokal akan menjadi pengalaman wisata paling berkesan dan tak akan terlupakan. Anda bisa mendapatkan pengalaman itu dengan mengunjungi beberapa desa wisata di Jawa.

Berikut ini lima desa wisata di Jawa untuk merasakan kehidupan asli dan keramahan masyarakat setempat, seperti dikutip dari situs resmi pariwisata Indonesia, Kamis 14 September 2017.

1. Desa wisata Grogol di Yogyakarta

Yogyakarta menjadi salah satu destinasi yang masih menjunjung tinggi adat istiadat dan kebudayaannya. Desa Grogol yang terletak di Kabupaten Sleman, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin belajar untuk memahami budaya masyarakat setempat.

Warga setempat akan membiarkan wisatawan yang berkunjung untuk dapat mengamati beberapa proses penciptaan seni. Mulai dari wayang kulit, musik gamelan. Jangan lupa membawa ganti pakaian, karena penduduk setempat akan sering mengajak Anda untuk bermain air ke kolam yang jernih, berasal dari mata air setempat.

Alamat:

Desa Wisata Grogol
Margodadi, Seyegan
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55561
Telepon:  +62 8111 2536 474;  +62 274 625 844

2. Desa wisata Kebon Agung

Desa wisata Kebon Agung, sangat cocok bagi mereka yang ingin menghilangkan stres, dan ingin mencari suasana alam yang menenangkan. Anda dapat mengamati kegiatan para petani sehari-hari. Masyarakat setempat akan mengajari Anda cara bermain alat musik tradisional, seperti karawitan dan gamelan.

Alamat:

Desa Kebon Agung
Imogiri, Bantul
Daerah Istimewa Yogyakarta 55782
Telepon: +62 274 786 5311

3. Bule mengajar di Kulon Progo

Bule Mengajar bukan nama desa yang sebenarnya, tapi justru komunitas warga negara asing yang mengajar orang-orang di Kulon Progo. Didirikan oleh Lia Andarina Grasia pada tahun 2014, komunitas ini memfasilitasi interaksi antara wisatawan mancenegara dan penduduk lokal dengan mengundang mereka datang ke Kulon Progo. Desa ini terkenal dengan pemandangannya yang subur, perbukitan yang indah, air terjun yang deras dan banyak kemegahan alam pedesaan lainnya.

Alamat:

Bule Mengajar
Bendungan, Wates
Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta 55651
Telepon: +62 877 3934 9224

4. Desa Wisata Kandri

Terletak di Semarang, desa ini menjadi tempat yang paling tepat untuk merasakan budaya asli Semarang. Di sini wisatawan akan ditawarkan pengalaman otentik tentang Semarang.

Selain pemandangannya yang indah, desa wisata ini menawarkan banyak kegiatan untuk wisatawan, terutama yang berkaitan dengan pertanian. Di sini Anda dapat menanam padi atau singkong di sawah, membuat kain batik, dan menjelajahi Goa Kreo.

Alamat:

Desa Wisata Kandri
Kandri, Gunung Pati
Semarang City, Central Java 50222
Telepon: +62 858 7659 5211

5  Kampung Wayang Kepuhsari di Wonogiri

Pengunjung bisa menikmati tidak hanya seni pertunjukan wayang, tapi juga mengasah kemampuan artistik mereka dengan menciptakan wayang sendiri. Anda dapat mengikuti program menginap satu malam untuk mengamati dan menciptakan wayang. Anda pun dapat mengikuti program yang lebih lama untuk tinggal lebih dari satu malam dan menyaksikan pertunjukan wayang tradisional.

Alamat:

Kepuhsari, Manyaran
Wonogiri Regency, Central Java 57662
Telepon: +62 852 2951 7195