Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 14 September 2017 | 13:15 WIB
  • Menyelami Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Taka Bonerate

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Menyelami Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Taka Bonerate
Photo :
  • Istimewa
Keindahan Taman Nadional Taka Bonerate di Kabupaten kepulauan Selayar

VIVA.co.id – Indonesia menjadi salah satu tempat yang paling diminati oleh wisatawan asing untuk melakukan berbagai aktivitas menyelam. Hal ini tak lepas dari anugerah Indonesia yang memiliki perairan laut yang tenang dan hangat.

Keindahan batu karang dan beragam spesies biota laut menjadi daya tarik untuk menyelam menjelajahi dunia bawah laut. Indonesia pun memiliki banyak destinasi wisata maritim yang telah terkenal di dunia, seperti Bunaken, Wakatobi, dan Raja Ampat.

Tetapi, masih banyak destinasi wisata bawah laut yang banyak wisatawan Indonesia yang belum ramai terjamah wisatawan. Salah satunya adalah di Taman Nasional Taka Bonerate di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Dilansir dari situs resmi pariwisata Indonesia, Kamis 14 September 2017, Taka Bonerate disebut sebagai wilayah pulau karang terbesar ketiga di dunia setelah Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maladewa. Taka Bonerate pun disebut sebagai salah satu daerah yang berada di segitiga terumbu karang terbaik bersama dengan Wakatobi, Banda, Raja Ampat dan Derawan.

Taka Bonerate pun disebut-sebut memiliki salah satu keanekaragaman laut tertinggi di dunia. Perairan yang jernih menyingkapkan keindahan berbagai macam terumbu karang, mulai dari terumbu karang sampai tebing curam, serta lereng dan dasar laut.

Semua itu menawarkan kesempatan bagi para penyelam profesional untuk menguji kemampuan mereka dan mengagumi keindahan kehidupan bawah laut ini.

Di sini, terdapat 242 jenis spesies karang, 526 spesies ikan karang yang berwara-warni, serta 112 spesies ganggang makro. Hal ini menjadi salah satu daya tarik bagi para penyelam untuk menyusuri perairan Taka Bonerate.

Selain itu, di sini penyelam dapat berenang dekat dengan lumba-lumba, kura-kura, penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tenun Pasifik (Lepidochelys olivicea), dan penyu hijau (chelonia mydas), serta pari manta. Jika beruntung Anda dapat berenang bersama hiu atau paus, atau gorgonian raksasa. Dalam perairan ini pun ada karang hitam, nudibranch, tuna, trevallies, ikan napoleon wrasse dan masih banyak lagi.

Taman ini memiliki lebih dari 50 tempat penyelaman yang fantastis, beberapa di antaranya adalah di pulau Tinabo, pulau Kahabia, Belang-Belang, dan Taka Lamungan. (asp)