Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 14 September 2017 | 16:40 WIB
  • Enam Alasan Kenapa Anda Butuh Travel Sendirian

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Enam Alasan Kenapa Anda Butuh Travel Sendirian
Photo :
  • Pixabay/Pexels
Ilustrasi solo traveling.

VIVA.co.id – Sebagian besar orang lebih memilih melakukan perjalanan secara bersama-sama. Dengan berbagai alasan, seperti perjalanan akan lebih seru hingga pengeluaran perjalanan seperti penginapan akan lebih murah jika pergi bersama.

Namun, ada baiknya sesekali kita melakukan perjalanan sendiri. Karena terkadang hal ini menjadi kesempatan Anda untuk merenung dan introspeksi tentang arah hidup Anda. Traveling juga membantu perspektif kehidupan yang berbeda.

Ada banyak alasan lainnya, yang menganjurkan Anda untuk melakukan traveling sendirian. Seperti dilansir dari laman Indiatimes, Kamis, 14 September 2017, berikut beberapa alasan Anda harus melakukan perjalanan solo.

1. Melakukan solo trip akan membuat Anda bijak dalam membuat keputusan

Bepergian adalah tentang membuat pilihan. Apakah Anda akan tinggal di hotel yang mahal atau AirBnb yang sederhana. Maukah Anda menempuh jalur yang lebih panjang atau jalan pintas untuk mencapai tujuan?

Apakah Anda menghabiskan uang atau lebih suka menabung saat bepergian? Ini adalah saat Anda membuat pilihan dalam hidup, Anda mulai belajar apa yang Anda sukai, dan apa yang tidak Anda inginkan.

2. Anda akan bertemu orang baru dan belajar hal baru mengenai kehidupan

Tempat baru adalah kesempatan untuk berinteraksi dengan orang baru. Selain itu, Anda akan mengetahui lebih banyak tentang kehidupan mereka. Saat kita membuka diri terhadap mereka, kita menyadari bahwa dunia ini sangat besar, dan lingkaran teman sepermainan kita terlalu kecil.

3. Melakukan introspeksi diri atas kesalahan-kesalahan yang telah dibuat

Melakukan perjalanan sendiri menjadi hal paling penting dibandingkan menelepon atau menangis di dalam kendaraan pribadi. Pada saat inilah Anda akan menyadari bahwa Anda hanyalah titik kecil di alam semesta ini. Pada saat ini pun Anda akan menyadari bahwa ada masalah yang lebih penting daripada 'masalah duniawi' Anda.

4. Menjadikan Anda untuk tidak meremehkan kemampuan Anda.

Biasanya ketika melakukan perjalanan sendiri, banyak dari kita selalu takut. Hal ini dikarenakan kita terlalu ragu tentang apakah Anda bisa menyelesaikan perjalanan sendiri. Anda dapat menempuh jarak ribuan kilometer

tanpa ada orang lain dan menikmati usaha yang Anda lakukan sendiri. Harga diri Anda mendapat dorongan, dan Anda mulai merasa lebih kuat.

5. Melalui kegiatan ini Anda akan dapat memulai hari baru

Sebelum memulai sesuatu yang baru, Anda harus melepaskan diri dari kebiasaan yang biasa, dan merenungkan rencana masa depan Anda. Perjalanan solo Anda akan membuat Anda untuk menikmati kegembiraan kecil dalam kehidupan ini. Anda pun akan memaafkan diri Anda pada masa lalu dan memutuskan untuk memulai dari awal.

6. Anda akan tahu makna prioritas

Perjalanan solo yang bagus akan meningkatkan kemampuan Anda dalam mengatur segalanya sendiri. Anda akan mengatur waktu Anda dengan baik, Anda akan tahu bagaimana memprioritaskan hal-hal dan mengabaikan hal-hal yang tidak penting bagi Anda.