Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 14 September 2017 | 19:30 WIB
  • Kota Ini Paling Bebas Stres di Dunia

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Isra Berlian
Kota Ini Paling Bebas Stres di Dunia
Photo :
  • Express
Kota Stuttgart di Jerman

VIVA.co.id – Salah satu alasan utama seseorang yang melakukan perjalanan wisata adalah tingkat stres yang menderanya. Stres yang dialami biasanya terkait dengan tekanan pekerjaan, lingkungan hingga tekanan terhadap sebuah hubungan. 

Baru-baru ini sebuah perusahaan penyedia jasa dry cleaning menyebut ada 10 kota yang tidak memiliki tingkat stres rendah di dunia. 

Zipjet, menganalisis kota-kota dengan mempelajari 500 lokasi di seluruh dunia. Pihaknya membandingkan unsur-unsur penting pemicu stres seperti tingkat polusi, tingkat pinjaman bank, kesehatan mental dan lamanya waktu kota tersebut tersinari oleh Matahari. 

Managing Director Zipjet, Florian Färber mengatakan bahwa penelitiannya menunjukkan bahwa masalah kesehatan mental menjadi salah satu faktor utama, selain itu adanya tekanan pun menjadi faktor pemicu terhadap penilaian ini.   

"Kami berharap dengan menunjukkan bagaimana kota yang tingkat stresnya rendah, kota-kota lain berjuang untuk dapat mengatasi masalah seperti ini," ungkapnya seperti dikutip dari laman Express, Kamis 14 September 2017.

Dari penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa Kota Stuttgart di Jerman merupakan kota di dunia yang paling bebas dari stres. Hal ini berdasarkan tingkat keamanan yang tinggi, banyaknya ruang hijau, dan adanya kesetaraan gender. 

Selain Stuttgart, masih ada kota-kota di Jerman yang masuk ke dalam 10 kota di dunia yang bebas dari stres. Mulai dari Honover di peringkat ketiga, Munich di peringkat kelima dan Hamburg di peringkat kesembilan. 

Selain itu, dari penelitian ini pun didapatkan data pula bahwa ada dua kota di dunia ini yang mengalami tingkat stres tertinggi di dunia. Pertama Baghdad di Irak, dan yang kedua Kota Kabul di Afganistan. Hal ini dimungkinkan karena kedua kota itu sering mengalami kerusuhan politik. 

Sementara itu, London masuk ke posisi 70 sebagai salah satu kota terburuk. Banyak yang mencari tujuan liburan terbaik juga akan memperhatikan keamanan, mengingat serangan teroris baru-baru ini di luar negeri.

Sebelumnya, World Economic Forum telah merilis negara yang paling aman. Dari data yang dirilis tersebut, Finlandia menempati peringkat pertama sebagai negara paling aman. Namun, para warganet lainnya ada yang tak setuju dengan pendapat itu. Dan lebih meyakini bahwa Qatar dan Singapura jauh lebih aman dibandingkan dengan Finlandia.