Melongok Masjid Sidi Saiyyed yang Bikin Kagum PM Jepang

Ukiran
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, melakukan kunjungan diplomatik ke India, Kamis 14 September 2017. Ia  didampingi oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengunjungi salah satu masjid bersejarah di kota India.

10 Tempat Keren yang Wajib Dikunjungi saat Liburan di Jaipur, India

Mereka mengelilingi Masjid Sidi Saiyyed, atau Sidi Sayeed, di Ahmedabad, sebuah daerah yang mayoritas penduduknya beragama Muslim. Itu merupakan kunjungan pertama mereka ke masjid ikonik India, yang terkenal dengan jendela kisi-kisi menggambarkan "Pohon Kehidupan".

Dilansir dari IndianExpress, Jumat 15 September 2017, masjid tersebut populer disebut Jaaliwali Masjid. Majid ini dibangun pada 1572 dan paling terkenal di wilayah Ahmedabad, Gujarat, India.

Waktu Kunjungan Taj Mahal Kini Dibatasi Hanya 3 Jam

Masjid ini dibangun oleh seorang Abyssinian (Kekaisaran Etiopia) yang dikenal bernama Sidi Saeed. Sidi Saeed datang dari Habshah (Ethopia) ke  Gujarat melalui Yaman. Ia membangun masjid megah ini, saat pemerintahan Sultan Nasir-ud-Din Muzaffar Shah III, penguasa terakhir Gujarat.

Salah satu penduduk lokal berusia 20-an bernama Mohammed Farooq pun mengutarakan kebanggaannya, ketika para petinggi dunia mendatangi masjid mereka.

Selain di Belanda, Taman Tulip Megah Ada di India

"Masjid Jaaliwali kami terkenal di seluruh dunia. Jika petinggi semacam itu datang ke sini, itu akan menjadi lebih terkenal lagi. Saya sangat senang," katanya seperti yang dikutip dari IndianExpress.

Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan mewah. Dinding masjid dibangun dengan batu marmer dan sepenuhnya diarsir. Masjid ini terkenal dengan keindahan ukiran 10 batu yang dipahat di sisi dan lengkungan belakang.   

Shinzo Abe dan  Narendra Modi menghabiskan waktu sekitar 10 menit di masjid, sebelum melanjutkan pertemuan bilateral dan makan malam di Agashiye, restoran di Rumah Mangaldas Girdhardas, tempat sebagian besar pertemuan diplomatik antara Modi dan Abe.

PM Jepang, Shinzo Abe dan PM India, Narendra Modi

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya