Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 15 September 2017 | 16:24 WIB
  • Wisata Religi ke Masjid e-Kabud, Dikenal Turquoise Islam

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Wisata Religi ke Masjid e-Kabud, Dikenal Turquoise Islam
Photo :
  • Istimewa
The Blue Mosque atau yang dikenal sebagai Masjid e-Kabud di Iran.

VIVA.co.id – Berwisata tidak melulu hanya bersenang-senang, kita juga bisa melakukan wisata religi untuk mendekati hubungan dengan Allah. Salah satu destinasi wisata religi yang bisa dilakukan di Iran, adalah mengunjungi The Blue Mosque, atau yang dikenal sebagai Masjid e-Kabud.

Dilansir Tasnimnews, Jumat 15 September 2017, masjid ini merupakan salah satu masjid bersejarah di Tabriz, ibu kota provinsi Azarbaijan di barat laut Iran. Masjid ini dibangun pada 1466 atas perintah Jahan Shah, penguasa Kara Koyunlu, dan dikenal sebagai Turquoise of Islam. Hal ini, karena adanya penggunaan ubin biru pada dekorasi interior dan eksterior masjid.

Masjid, yang berada di sisi utara jalan Imam Khomeini, ini telah hancur akibat gempa yang mengguncang Tabriz berkali-kali. Masjid itu sekarang tengah direnovasi secara besar-besaran, agar dapat kembali berdiri megah.

Terlihat, adanya genteng Timurid pada pintu masuk utama yang dilengkapi dengan tulisan kaligrafi biru-putih dari ubin mosaik dalam kaligrafi Riqa. Ini adalah sebuah kemegahan yang menyaingi Sanctuary of Masyhad, serta aspek yang luar biasa dari teknik, desain dan rentang warna yang digunakan di sini.

Pintu masuk portal dengan dua menaranya tampaknya telah terhubung dengan ruang salat utama (shabestan) di bawah kubah terbesar masjid tersebut, dengan menggunakan koridor berkubah.

Di kedua sisi di sepanjang koridor, berdiri sisa-sisa ruang dengan atap berkubah. Dinding masjid ini pun dilapisi lempengan marmer dan dihiasi ubin mosaik yang luar biasa. Beberapa mosaik biru di portal masjid rusak berat dan setengahnya telah hilang.

Masjid ini sekarang tutup secara permanen, namun pekerjaan renovasi tengah dilakukan. Pembukaan kembali masjid ini untuk umum diharapkan dapat segera dilakukan. (asp)