Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 17 September 2017 | 10:15 WIB
  • Sail Sabang Bakal Digelar di Empat Lokasi Keren

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Dani Randi (Banda Aceh)
Sail Sabang Bakal Digelar di Empat Lokasi Keren
Photo :
  • Antara/ Irwansyah Putra
Tugu kilometer nol Indonesia di Sabang

VIVA.co.id – Acara Sail Sabang 2017, siap digelar pada November  2017 mendatang. Dan, berbagai persiapan terus dilakukan.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Mulyadi Nurdin mengatakan hal itu, setelah pihaknya mengikuti rapat koordinasi penyiapan acara puncak Sail Sabang bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI di Jakarta, Sabtu, 16 September 2017.

"Berbagai persiapan terus dimatangkan, dan intinya Sail Sabang sudah siap digelar," ujar Mulyadi dalam keterangannya.

Dikatakan dia, Sail Sabang akan dimulai pada 28 November hingga 5 Desember 2017. Lokasi penyelenggaraannya akan berada di empat titik, yaitu Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan Titik 0 Kilometer.

Sedangkan puncak acara akan berlangsung di Pasiran, Teluk Sabang, yang dijadwalkan akan dihadiri oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Pada acara tersebut, rencananya dihadiri oleh para pemilik kapal yacht (yachter).

Sebelum ke Sabang, para yachter dijadwalkan akan berlayar melewati Kupang, Badas, Nusa Tenggara Barat, Banyuwangi, Karimunjawa, Belitung, dan Bintan. Mereka diperkirakan sampai di Sabang pada 1 Desember 2017.

Acara Sail Sabang 2017 diharapkan menjadi ajang promosi wisata Aceh dan dapat dimanfaatkan semua pihak sebagai momen peningkatan ekonomi. Mulyadi menambahkan, Sail Sabang juga akan diisi dengan berbagai atraksi, di antaranya menghadirkan KRI Bima Suci dan KRI Dewa Ruci, Tarian Massal, Sabang Wonderful Expo, Aceh Fun Dive, Menyambut kehadiran Islamic Cruise berkapasitas 2.000 wisatawan muslim yang akan sandar di terminal CT3 dan bertolak menuju Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh.

Selain itu, ada kegiatan Jambore Iptek, Pentas Wonderful Sabang, Sabang Underwater Contes, Kapal Pemuda Nusantara, Lomba Menulis Blog, Festival Kopi dan Kuliner, Eksebisis Paramotor, Parade Kapal Tradisional, Sendratari Keumalahayati, Aerobatic Show, City Tour Sabang-Banda Aceh, Lomba memancing serta beberapa acara lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, Reza Fahlevi mengatakan, berbagai persiapan juga terus dilakukan mulai dari listrik, jaringan komunikasi, penataan pemukiman, kebersihan, pembenahan area kota, sanitasi air bersih, transportasi udara dan darat, fasilitas umum, akomodasi, keamanan dan berbagai persiapan lainnya.