Tetap Bugar Selama Liburan

Ilustrasi suhu panas dan liburan
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA.co.id – Saat libur panjang, banyak dari kita sudah mempersiapkan rencana untuk berlibur. Dalam mempersiapkannya pun terkadang dibutuhkan ketelitian, mulai dari tempat tujuan, akomodasi, hingga transportasi. Ini dimaksudkan agar liburan berjalan tanpa kendala ketika memasuki hari H. 

Viral Luna Maya Pakai Sunblock Ketebalan, Netizen: Make Up Suzana Belum Diapus?

Namun, saking sibuknya mengatur liburan, kita sering melupakan hal penting lainnya untuk dapat menikmati liburan panjang itu, yakni kesehatan. Siapa sih yang ingin merusak semua kesenangan dan kegembiraan karena jatuh sakit? Oleh karena itu, Anda harus tetap sehat dan bugar saat bepergian. 

Berikut ini beberapa tips tentang cara menjaga diri tetap sehat saat bepergian yang dilansir dari laman Indiatoday:

Liburan Seru di Jakarta: Belajar Sejarah Jalur Rempah dan Foto Cantik di Replika Candi Borobudur

1. Olahraga secara rutin

Perlu tubuh yang sehat dan fit untuk dapat menikmati beragam jenis wisata dan mencicipi makanan lezat ketika berkunjung ke sebuah tempat. Oleh karena itu, pastikan Anda mempersiapkan jadwal untuk melakukan gym secara teratur. Jika tidak, setidaknya jogging di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Cerita Melanie Putria Gemar Traveling Secara Spontan

2. Jaga diri dari dehidrasi

Inilah kunci kesehatan yang baik dalam situasi tertentu. Dan ini berlaku terutama jika mengunjungi sebuah negara tropis atau padang pasir, karena ada kemungkinan lebih besar jatuh sakit di tempat tersebut. Jadi, selalu bawa botol air minum di ranselmu. 

3. Lebih banyak berjalan kaki selama melakukan wisata

Ini adalah cara terbaik untuk mengeksplorasi, tempat tujuan liburan. Selain itu, dengan berjalan dari satu tempat ke tempat lain, membuat Anda dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat. 

4. Makan tepat waktu

Bila Anda melewatkan makan, ini mengurangi tingkat metabolisme, sehingga membuat Anda merasa lebih lelah dan tidak sehat. Makanlah makanan yang sehat dan bersih. Jangan pergi dalam keadaan perut kosong. Cobalah makan sesuatu dengan selang waktu dua jam.

5. Konsumsi vitamin  

Sementara Anda membenamkan diri dalam jadwal perjalanan yang sibuk, terkadang melewatkan makanan yang sehat dan seimbang. Suplemen vitamin bisa menjadi teman baik dalam situasi ini.

6. Jaga kulit Anda

Perubahan cuaca dan kebiasaan makan bisa menimbulkan banyak masalah pada kulit. Merawat kulit Anda sama pentingnya saat bepergian. Pastikan Anda tidak pernah melangkah keluar di bawah sinar matahari tanpa mengoleskan tabir surya. Kenakan pula kacamata hitam Anda. Bawa obat nyamuk dan aplikasikan saat membutuhkannya. (mus)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya