Ternyata, Pilot dan Kopilot Dilarang Konsumsi Makanan Sama

Pilot dan co-pilot pesawat
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Pilot pesawat memiliki peranan penting dalam sebuah penerbangan. Selain mengantarkan penumpang sampai ke tempat tujuan, seorang pilot memiliki tanggung jawab untuk memastikan keamanan para penumpang.

KNKT Beberkan Kronologi Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang Tertidur saat Terbangkan Pesawat

Dalam menjalankan tugasnya itu, ada beberapa peraturan yang pastinya berbeda dengan pekerja lainnya. Dan semua harus mereka taati. Salah satu peraturan yang mungkin dianggap aneh bagi kita adalah tidak bolehnya memakan menu makanan yang sama antara pilot dan kopilot.

Peraturan ini telah dikeluarkan oleh Federal Aviation Administration (FAA). Namun kebanyakan dari perusahaan penerbangan memiliki peraturan sendiri mengenai hal tersebut. Meski terlihat aneh bagi kita, ternyata peraturan itu mengandung alasan yang masuk akal.

Pengemudi Mobil Ini Disebut Punya Skill Nyetir Selevel Pilot

Dilansir dari laman, Fox News, Jumat 29 September 2017, hal itu perlu dilakukan untuk mencegah hal-hal buruk yang tidak diinginkan, sehingga memengaruhi keselamatan penumpang.

Misalnya, ada makanan yang tidak beres di salah satu makanan (keracunan makanan), maka pilot yang lainnya tidak akan mengalami hal buruk yang dialami oleh rekan kerjanya. Sehingga pilot yang lainnya dapat mengambil alih tugas itu.

Hebat, Pilot Jet Tempur Wanita Kulit Hitam Pertama Raih Wings Emas

Diketahui, kejadian keracunan terhadap awak pesawat pernah terjadi di tahun 1982. Ketika itu 10 awak termasuk pilot dan kopilot mengalami keracunan setelah mengonsumsi sebuah puding tapioka dalam penerbangan dari Boston ke Lisbon. Untungnya pesawat bisa kembali lagi ke Bandara di Boston dengan selamat.

Selain dilarang mengonsumsi makanan yang serupa, para pilot yang akan menjalankan tugasnya diwajibkan untuk menghindari mengonsumsi ikan mentah saat sebelum dan selama penerbangan. (ase)

Ilustrasi Pilot.

Pilot Lempar Kendali ke Kopilot untuk Bantu Persalinan Ibu di Udara, Netizen: Keren!

Belum lama ini seorang pilot yang telah memiliki pengalaman selama 18 menambahkan satu pencapaian penting lagi dalam daftar prestasinya, yaitu bantu persalinan melahirkan

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024