10 Destinasi Wisata yang Jadi Prioritas di Indonesia

Keindahan Wisata Bawah Laut di Labuan Bajo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Tidak dipungkiri, kekayaan alam Indonesia begitu luas dan sangat indah. Untuk itu, Kementerian Pariwisata menetapkan 10 destinasi wisata yang diprioritaskan untuk dikunjungi oleh warga lokal maupun mancanegara.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

"Ada 10 destinasi prioritas yaitu Danau Toba, Tanjung Payang, Tanjung Lesung, Pulau Seribu, Kota Tua, Borobudur dan sekitar, Semeru, Mandalika, Wakatobi, Moratai, dan Labuan Bajo. Destinasi tersebut memiliki potensi yang hampir komplet dari segi alam, budaya, kuliner, dan tradisi," ujar Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esty Reko Astuty kepada VIVA.co.id, di Kuningan, Jakarta.

Labuan Bajo mengalami peningkatan wisatawan mancanegara dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, wisata alam Indonesia yang menakjubkan, cukup menarik minat banyak wisatawan mancanegara di tahun ini. "Tahun ini, wisatawan mancanegara sudah target sebanyak 15 juta kunjungan yang hingga Juli tercatat 7,8 juta. Kenaikan hampir 24 persen dibanding tahun sebelumnya," ujar Esty.

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

Esty menuturkan, salah satu cara meningkatkan target wisatawan adalah dengan penjualan secara soft selling. Artinya, promosi keindahan Indonesia harus dijalankan melalui cara yang lebih mudah dijangkau dan diterima masyarakat.

"Dengan co-branding pada sebuah produk, kita bisa memamerkan keindahan Indonesia melalui tema Wonderful Indonesia. Itu adalah win-win solution yang bisa kami lakukan dengan pihak swasta," papar Esty.

Dampak Corona, Devisa Pariwisata Hilang Rp21,75 Triliun

Di kesempatan yang sama, Head Marketing Kalbe Beverages, Aswin, menuturkan, ada empat destinasi wisata di Indonesia yang mulai diangkat untuk dipromosikan. Labuan Bajo, menjadi salah satu andalan dengan keindahan alam dan tradisinya.

"Co-branding dengan memberi kemasan tematik Wonderful Indonesia terhadap empat destinasi wisata yaitu Pulau Padar di Labuan Bajo, Broken Beach dan Pantai Atuh di Bali, dan Raja Ampat di Papua. Tapi, tidak menutup kemungkinan adanya tambahan gambar lagi dari 10 tempat wisata yang jadi proritas," ujar Aswin.

Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Demi meyakinkan wisatawan, khususnya dalam negeri, Sandiaga Uno telah meninjau langsung beberapa destinasi wisata di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2021