Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 6 Oktober 2017 | 06:37 WIB
  • Bukan Eiffel, Ini Destinasi Wisata Paling Populer di Eropa

  • Oleh
    • Beno Junianto,
    • Isra Berlian
Bukan Eiffel, Ini Destinasi Wisata Paling Populer di Eropa
Photo :
  • Facebook.com/SpikeIslandCork
Pulau Spike

VIVA.co.id – Wisata Eropa selalu tak pernah habis untuk menarik wisatawan dunia berkunjung ke sana. Ada Museum Louvre atau Menara Eiffel di Paris, Colosseum di Roma, Istana Buckingham di Inggris, atau La Sagrada Familia di Spanyol sebagai ikon wisata Eropa.

Namun siapa sangka ternyata kepopuleran beberapa destinasi itu dapat dikalahkan oleh Pulau Spike. Sebuah pulau di lepas pantai Irlandia ini berhasil menyabet penghargaan di World Travel Awards 2017 sebagai destinasi wisata paling populer di Eropa.

Lalu, keindahan apa saja yang menyebabkan pulau ini menyabet penghargaan pariwisata paling bergengsi itu?

Dilansir dari laman News, pulau ini merupakan pulau yang dikenal sebagai pulau penjara terbesar di dunia. Dahulunya pulau seluas 103 hektare ini merupakan lokasi biara pada abad ke-6. Pulau ini pun sempat menjadi sebuah benteng tentara Inggris sebelum akhirnya menjadi penjara terbesar di dunia pada abad ke-19.

Sejak abad ke-19 pulau ini pun telah dihuni oleh lebih dari 2.300 narapidana dari beberapa penjara. Meski demikian, hingga kini pulau itu pun menjadi lokasi dari Benteng Mitchel yang berusia sekitar 200 tahun.

Pada tahun 2009, Pemerintah Irlandia memutuskan untuk menjadikan pulau ini sebagai objek wisata, mengingat pulau ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

"Saya percaya bahwa penting untuk membuka potensi wisata apapun dari pulau (Spike) untuk keuntungan langsung kawasan ini secara umum dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat," Menteri Luar Negeri Irlandia saat itu, Micheal Martin, yang dikutip dari laman News.

Pihak Irlandia secara resmi membuka kawasan ini sebagai objek wisata per Juni 2016. Sebulan pasca pembukaannya, kawasan ini telah mampu menarik 10.000 pengunjung.

"Dengan target kunjungan 100 ribu wisatawan pada 2020. Kami pun telah membuat opsi akses untuk ke pulau ini melalui pelabuhan dan Cobh," kata Wali Kota Cork County, Seamus McGrath, pada sebuah upacara pembukaan pada bulan September tahun lalu.