Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 6 Oktober 2017 | 16:31 WIB
  • Keseruan Menjajaki Keindahan Alam Ngarai Sianok

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Andri Mardiansyah (Padang)
Keseruan Menjajaki Keindahan Alam Ngarai Sianok
Photo :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah
Ngarai Sianok

VIVA.co.id – Siapa yang tak kenal dengan Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Kota yang merupakan kota kedua terbesar setelah Kota Padang ini, pernah menjadi ibu kota Provinsi Sumatera dan Provinsi Sumatera Tengah, pada zaman pemerintahan kolonial Belanda.

Dulu, pemerintah kolonial Belanda memberi nama kota ini Bukittinggi Fort de Kock, dan mendapat julukan Parijs van Sumatra. Selain itu, Kota Bukittinggi juga dikenal sebagai kotanya perjuangan bangsa, dan merupakan tempat kelahiran beberapa tokoh besar pendiri Republik Indonesia, seperti Mohammad Hatta.

Nah, terlepas dari adanya perjalanan sejarahnya yang panjang, Bukittinggi ternyata memiliki sejuta pesona yang mampu memikat daya tarik wisatawan mancanegara. Ratusan kuliner khas dan objek wisata nan indah menjadikan Bukittinggi salah satu kota di Sumatera Barat yang banyak dikunjungi wisatawan.

Satu di antara objek wisata yang memukau, yakni Ngarai Sianok yang berada sekitar 2,5 jam dari Kota Padang. Ngarai Sianok sendiri, dikenal sebagai buah karya alam yang terbentuk secara alami akibat adanya patahan (sesar) Semangko, yang membelah Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang dari Aceh hingga Teluk Semangka di Lampung.

Sesar Semangko sendiri merupakan lokasi patahan yang membentuk Pegunungan Bukit Baris. Lembah curam dengan sebagian dialiri oleh sungai, serta pemandangan dua gunung, yakni Marapi dan Singgalang. Udara yang sejuk, menjadikan Ngarai Sianok sebagai suatu anugerah tersendiri.

Ngarai Sianok sebenarnya masuk dalam wilayah Kabupaten Agam, tepatnya di Kecamatan IV Koto. Namun kebanyakan pengunjung tahu bahwa Ngarai Sianok berada di Bukittinggi. Di Ngarai Sianok membentang lembah sepanjang 15 kilometer dengan kedalaman tebing mencapai 100 meter dan lebar celah sekitar 200 meter.

Di setiap akhir pekan, kawasan Ngarai Sianok selalu ramai dikunjungi. Di samping dijadikan tempat untuk rekreasi, juga banyak pengunjung yang memanfaatkan lokasi tersebut untuk berolahraga, terutama pada pagi hari.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Bukittinggi, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mampir sejenak di kawasan ini. Para pengunjung, bakal dapat melihat langsung, dan mengabadikan keindahan panorama akibat yang terbentuk secara alami tersebut.

Sembari menikmati suguhan keindahan yang luar biasa, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai macam kuliner yang dijual oleh pedagang, serta dapat melihat, dan berbelanja beberapa suvenir khas Bukittinggi.

Great Wall Koto Gadang

Selain, menikmati suguhan keindahan Ngarai Sianok, para pengunjung juga dapat mampir di objek lain yang masih berada di kawasan Ngarai Sianok. Objek tersebut adalah Janjang Koto Gadang, atau dikenal juga dengan sebutan Great Wall-nya Indonesia. Untuk sampai ke puncak Great Wall, yang mirip dengan tembok besar di negara Cina ini, pengunjung harus menapaki sebanyak 315 anak tangga

Dari atas puncak Janjang Koto Gadang, sudah barang tentu wisatawan dapat melihat dengan leluasa suasana dan keindahan kota Bukittinggi. Jadi, tak rugi jika Anda menghabiskan masa liburan di Bukittinggi ini.

Selain, akses transportasi yang murah, banyak pilihan penginapan dan kuliner. Pengunjung juga akan puas berbelanja di pasar Grosir yang ada di beberapa titik kota Bukittinggi.

Great Wall Koto Gadang