Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 7 Oktober 2017 | 03:21 WIB
  • 7 Destinasi Dunia yang Penuh Misteri

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
7 Destinasi Dunia yang Penuh Misteri
Photo :
Blood Falls atau Air Terjun Darah di Antartika

VIVA.co.id – Ada beberapa daerah di dunia ini yang membuat sebagian orang penasaran. Ini terjadi, ketika sebuah destinasi wisata cantik dibungkus dengan beberapa cerita-cerita mistis, yang kadang tak bisa dijelaskan secara ilmiah.

Tak jarang, hal itu membuat seseorang penasaran untuk mengetahui kebenarannya. Apakah daerah itu merupakan sebuah daerah terkutuk atau tidak.

Dilansir dari laman IndiaTimes, Jumat 6 Oktober 2017, ada tujuh tempat aneh ini yang menarik untuk dijelajahi.

1. Blood Falls, atau Air Terjun Darah di Antartika
 
Air terjun ini menjadi perbincangan masyarakat dunia. Bagaimana tidak, biasanya sebuah air terjun akan dihiasi oleh air berwarna bersih, namun hal ini tak berlaku di sini. Anehnya, air terjun di sini berwarna merah, yang disebut-sebut sebagai darah yang mengalir sepanjang Glester Great Taylor.

Ternyata, ahli geologi menyebut bahwa warna merah itu berasal dari air asin yang kaya zat besi yang mengalir di bawah gletser. Mereka menemukan bahwa air asin itu ada selama ribuan tahun dan telah berkontribusi pada Air Terjun Darah dengan membawa ke permukaan, melalui celah, mineral dari bebatuan yang mendasarinya.

2. Moeraki Boulders, Selandia Baru

Legenda Maori menggambarkan batu-batu Moeraki sebagai keranjang belut yang tersebar di pantai akibat tenggelamnya sebuah kano legendaris. Namun, legenda itu terbantahkan saat para ilmuwan menemukan bahwa ini adalah sebenarnya, batu-batu besar yang terbentuk oleh endapan laut yang mengeras terpapar melalui erosi garis pantai.

3. Bukit Magnetik, Moncton, Kanada

Orang sering merasa bingung saat mengunjungi Bukit Magnetik yang terkenal di kota Moncton. Mengapa? Sebab, ketika kendaraan itu melewati daerah ini cenderung mundur ke belakang. Tempat ini kemudian sering didatangi peneliti untuk mencoba memecahkan misteri tersebut.

4. Surtsey, Islandia

Pada tahun 1963, sebuah gunung berapi meletus di bawah air. Selang beberapa hari, sebuah pulau muncul ke permukaan dengan panjang 500 meter, dan tinggi 45 meter.

Pulau ini diberi nama Surtsey yang berarti pulau Surtur (raksasa api dalam mitologi Nordik). Konon, pulau ini terbentuk, karena adanya raksasa api yang mendiami gunung itu.

5. Pamukkale, Turki

Pamukkale yang berarti "kastil katun" ini terletak di Provinsi Denizli, Turki. Tempat ini disebut puri kapas, karena batu kapur ini terbentuk dari endapan ribuan tahun mata air yang mengandung kalsium. Menurut legenda, kastil ini sebenarnya dibangun untuk para raksasa agar mengering.

6. Longyearbyen, Norwegia

Longyearbyen adalah pemukiman terbesar di Svalbard, sebuah kepulauan Norwegia yang terletak di sebelah utara Greenland di Laut Arktik. Nama itu menggambarkan perubahan iklim misterius yang terjadi di sini. Dari tanggal 19 April sampai 23 Agustus, matahari tidak terbenam, dan dari tanggal 27 Oktober sampai 14 Februari, malam tidak akan berakhir.

7. Eternal Flame Falls, New York

Pada pandangan pertama, seperti ilusi optik, namun kenyataannya, Eternal Flame Falls adalah warna emas yang selalu menyala layaknya api. Menurut ahli geologi, nyala api itu dipicu oleh gas alam dari bawah bumi.

Dikarenakan bolong di batu, gas lolos ke permukaan yang menyebabkan nyala api. Air memadamkan nyala api, yang terlihat sepanjang tahun, namun sering dinyalakan kembali oleh pengunjung. (asp)