Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 10:48 WIB
  • 5 Alasan Mengapa Pilih Berlibur dengan Kereta Api

  • Oleh
    • Ririn Aprilia
5 Alasan Mengapa Pilih Berlibur dengan Kereta Api
Photo :
Berlibur dengan kereta api /sumber: Pixabay

VIVA.co.id – Kereta api masih menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari meningkatnya volume penumpang kereta pada akhir pekan, apalagi di saat long weekend. Tak hanya itu, di momen-momen tertentu, seperti musim liburan akhir tahun, seringkali tiket kereta api selalu habis terjual jauh sebelum hari keberangkatan.

Lantas, apa yang membuat kereta api menjadi transportasi darat andalan masyarakat? Inilah 5 alasan mengapa bepergian naik kereta menjadi favorit banyak orang:

1. Harga lebih hemat
Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga tiket kereta yang cukup terjangkau untuk semua kalangan dibandingkan menggunakan moda transportasi lain, apalagi pesawat terbang. Sebagai contoh, harga tiket pesawat rute Jakarta-Yogyakarta ditawarkan mulai dari paling murah sekitar Rp300 ribuan. Sementara, kereta api menawarkan tarif termurah mulai dari Rp100 ribuan pada tanggal yang sama.

Keuntungan lainnya adalah tiket kereta juga tidak terpengaruh dengan tingginya permintaan atau musim liburan sehingga harganya selalu stabil. Anda pun tidak perlu repot-repot cek harga seperti yang biasa dilakukan saat hendak membeli tiket pesawat. Selain itu, liburan dengan kereta juga menguntungkan karena Anda bisa memilih nomor kursi yang diinginkan tanpa ada tambahan biaya, sementara beberapa maskapai masih mengharuskan adanya biaya tambahan untuk layanan serupa.

Tentunya kursi dekat jendela selalu menjadi favorit. Suguhan pemandangan alam yang asri mampu menghilangkan rasa jenuh selama perjalanan.

2. Pesan tiket semakin mudah dan cepat
Membeli tiket kereta api jarak jauh kini tak perlu repot datang langsung dan antre di loket stasiun. Untuk memberikan kemudahan dalam aktivitas traveling, Anda bisa langsung membeli tiket kereta api secara online kapan saja dan di mana saja.

Salah satu cara paling mudah dan praktis untuk pesan tiket kereta api adalah melalui OTA (online travel agent) seperti Traveloka. Anda tinggal mengunjungi situs atau aplikasi Traveloka dan bisa langsung memasukkan kota asal serta destinasi di laman kereta, juga tanggal yang Anda inginkan. Bagi yang berencana melakukan liburan saat akhir tahun nanti, tiket kereta api jarak jauh pun sudah bisa dipesan dari sekarang, sehingga tak perlu takut kehabisan ketika musim liburan tiba nanti.

3. Lebih nyaman dan aman
Saat ini, semua rangkaian kereta sudah dilengkapi fasilitas lengkap yang membuat penumpang merasa betah, seperti pendingin ruangan, colokan listrik, serta gerbong restorasi untuk memesan beragam makanan dan minuman selama perjalanan. Selain itu, kebersihan gerbong dan toilet yang terjaga juga semakin membuat perjalanan semakin nyaman. Namun, yang paling membuat penumpang lega adalah hilangnya gangguan pengamen dan pengasong dalam kereta, sehingga tidak ada lagi kebisingan dan hiruk-pikuk kereta yang mengganggu perjalanan Anda.

Jika mendambakan kenyamanan maksimal, Anda bisa melakukan perjalanan menggunakan kelas eksekutif. Berbagai fasilitas siap memanjakan setiap penumpang, mulai dari selimut dan bantal gratis, jarak antar kursi yang lebih luas, hingga adanya tumpuan kaki yang akan membuat perjalanan atau waktu istirahat Anda terasa lebih nyaman. Tak hanya itu, kursi di kelas eksekutif juga lebih empuk dan bisa diatur/diputar sesuai keinginan.

Selain fasilitas, urusan bagasi juga melegakan. Dibanding pesawat, penempatan bagasi yang berada di atas kursi penumpang memudahkan Anda untuk mengawasi barang bawaan. Bahkan, sisi keamanan kereta semakin maksimal dengan dipasangnya CCTV dan menempatkan polisi khusus kereta api (polsuska)  di setiap gerbong. Selain memberikan rasa aman kepada penumpang, cara ini juga memperkecil tindak kejahatan di kereta api.

4. Tepat waktu dan bebas macet
Pernahkah Anda mengalami penundaan keberangkatan (delay) saat bepergian menggunakan kereta api antarkota? Kasus seperti ini jarang sekali terjadi karena ketepatan jadwal berangkat api cukup teruji. Tak hanya itu, kereta api juga tepat waktu ketika sampai di tempat tujuan, kecuali pada kondisi tertentu seperti banjir atau kecelakaan di jalur yang akan Anda lewati.

Menggunakan kereta api juga memungkinkan Anda tidak mudah stres karena terjebak kemacetan berjam-jam saat musim liburan. Karena memiliki jalur rel sendiri, perjalanan justru bisa lebih cepat dibanding transportasi darat lainnya. Tak hanya itu, kereta api pun sudah dilengkapi jalur ganda kereta (double track) yang membuat waktu tempuh perjalanan kereta api menjadi lebih singkat dan efisien.

5. Lebih praktis dan leluasa
Bepergian dengan kereta api memungkinkan Anda lebih santai. Maksudnya, Anda tak harus tiba di stasiun beberapa jam sebelum kereta berangkat untuk melakukan check-in. Anda pun tak perlu melalui serangkaian prosedur yang ribet seperti melewati security check. Keuntungan lainnya, proses boarding kereta api sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu membawa struk boarding pass ke boarding gate stasiun dengan memperlihatkan kartu identitas asli. Setelah itu, Anda bisa bersantai di ruang tunggu sambil menunggu jadwal kereta Anda.

Kelebihan selanjutnya dari naik kereta api adalah keleluasaan. Menghabiskan perjalanan jauh sambil duduk diam bisa bikin badan pegal. Saat naik kereta, Anda bisa bebas jalan-jalan dari satu gerbong ke gerbong lain. Saat kereta berhenti di stasiun singgah pun Anda bisa turun sebentar untuk meregangkan otot-otot. Dengan begini, tubuh tidak mudah lelah setelah menempuh perjalanan panjang dan lama.

Itulah beberapa alasan mengapa kereta api selalu diandalkan di saat liburan akhir tahun. Yuk, segera rencanakan perjalanan akhir tahun Anda, dan bersiaplah menjelajahi kota tujuan liburan dengan naik kereta api!