Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 12:08 WIB
  • 5 Rahasia Bahagia Membersihkan Rumah

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Ayu Utami Paramitha
5 Rahasia Bahagia Membersihkan Rumah
Photo :
  • Pixabay/ klimkin
Ilustrasi membersihkan rumah.

VIVA.co.id – Membersihkan rumah, memang terkadang merupakan hal yang melelahkan, sehingga banyak yang merasa malas dan menunda kegiatan tersebut, sehingga banyak sekali debu dan hal-hal lainnya menunggu untuk dibersihkan.

Jika Anda tidak memiliki asisten rumah tangga, dengan tips di bawah ini Anda dapat membersihkan rumah dengan cara yang menyenangkan, seperti yang dilansir dari Remodelista, Senin 9 Oktober 2017.

1. Mulai dengan membersihkan tempat tidur setiap hari

Jika Anda merasa malas untuk membersihkan rumah Anda. Mulailah dengan hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti merapikan tempat tidur. Dalam buku The Power of Habit, karangan Charles Duhigg, dengan merapikan tempat tidur setiap hari dapat mengubah kebiasaan Anda.

"Dengan melakukan rutinitas itu secara berulang-ulang, secara tidak langsung akan membuat Anda secara perlahan terbiasa melakukan kegiatan tersebut terhadap ruangan lainnya juga."

2. Lakukan sekarang juga

Berhenti menunda-nunda pekerjaan Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menunda pekerjaan menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Jadi, hemat waktu Anda dan lakukan sekarang.  

Dengan membersihkannya secara teratur, dapat meringankan pekerjaan Anda. Anda tidak perlu membersihkannya secara besar-besaran, cukup selalu membersihkan area yang terlihat kotor, seperti pada kulkas Anda akan selalu terlihat bersih dan rapi.

3. Pilihlah peralatan pembersih dengan desain menarik dan kualitas terbaik

Pilihlah warna, bentuk, serta desain dari peralatan pembersih sesuai dengan apa yang Anda sukai, karena dengan menggunakan peralatan yang Anda sukai dapat meningkatkan semangat ketika membersihkan rumah.

4. Selalu tinggalkan rumah dalam keadaan rapi

Waktu yang tepat untuk membersihkan rumah adalah sebelum memulai kegiatan Anda di luar ruangan. Dengan Anda selalu meninggalkan rumah dalam keadaan bersih dan rapi, dapat meningkatkan rasa nyaman Anda ketika beristirahat setelah melewati hari yang panjang.

5. Memberikan penghargaan kepada diri sendiri ketika selesai membersihkan rumah

Membersihkan rumah memang pekerjaan yang melelahkan, karena hal tersebut Anda perlu memanjakan diri ketika selesai melakukannya. Selalu tetapkan penghargaan apa yang akan Anda dapatkan ketika selesai membersihkan rumah. Hal tersebut, akan membuat Anda semakin bersemangat ketika membersihkan rumah. (asp)