Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 00:30 WIB
  • 5 Destinasi Wisata Indonesia Paling Diincar Wisatawan

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
5 Destinasi Wisata Indonesia Paling Diincar Wisatawan
Photo :
  • ANTARA/Anis Efizudin
Pulau Samosir Danau Toba

VIVA.co.id – Beragamnya budaya, adat istiadat, kuliner hingga indahnya panorama yang dimiliki Indonesia. Membuat Indonesia menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi oleh wisatawan asing.

Dari banyaknya jumlah wisatawan yang datang, mayoritas pengguna situs perjalanan Skyscanner mencari Medan, Labuan Bajo, Belitung, Manado, dan Bandar Lampung sebagai destinasi incaran mereka.  Skyscanner mencatat terdapat ratusan ribu pencarian untuk tiket pesawat ke destinasi-destinasi tersebut dalam mesin pencarian mereka.

"Lima destinasi wisata ini adalah tempat-tempat yang popularitasnya semakin meningkat di tahun 2017. Kami percaya bahwa tingkat ketertarikan terhadap lima destinasi ini akan semakin meningkat di tahun 2018," kata Senior Manager Skyscanner, Yulianto Balawan, yang dikutip dari siaran persnya yang diterima VIVA.co.id, Senin 9 Oktober 2017.

Medan

Lebih lanjut dari data yang ditemukan, Medan menjadi salah satu destinasi dengan pencarian penerbangan paling banyak dalam daftar ini, Skyscanner mengungkapkan bahwa Medan paling sering dikunjungi di pertengahan tahun, pada periode April hingga Juni.

"Skyscanner mendata bahwa pengunjung biasanya memesan tiket pesawat ke Medan 30 hari sebelum penerbangan, dengan harga pemesanan rata-rata senilai Rp2.121.000 per tiket pesawat," ucapnya.

Umumnya wisatawan yang ke Medan akan melirik Danau Toba sebagai destinasi utama untuk berlibur. Selain itu, Medan pun menawarkan beragam makanan untuk wisatawan seperti masakan kari, sate, durian, dan mie bebek lokal yang lezat.

Belitung

Untuk tempat kedua yang paling banyak diminati untuk dikunjungi tahun ini adalah Tanjung Pandan di Belitung. Tercatat selama Januari hingga Agustus, Skyscanner mencatat lebih dari puluhan ribu pencarian untuk Belitung.

Berdasarkan jumlah pencarian tiket pesawat, Skyscanner memprediksi bahwa kota terbesar di Belitung, Tanjung Pandan, bisa menjadi daya tarik pariwisata yang populer untuk snorkeling, menyelam, dan berselancar.

Pengguna Skyscanner pada umumnya mengalokasikan rentang waktu sebanyak 57 hari antara pemesanan tiket dan keberangkatan, serta menghabiskan rata-rata Rp2.293.000 per tiket pesawat.

Labuan Bajo

Labuan Bajo, menempati urutan ketiga sebagai destinasi yang paling dicari dalam mesin pencarian Skycanner. Labuan Bajo berhasil mencatatkan puluhan ribu pencarian tiket pesawat dalam delapan bulan pertama 2017, dengan pencarian tertinggi pada bulan Mei.

Rata-rata tiket pesawat ke Labuan Bajo bernilai Rp3.128.000. Sementara itu, wisatawan biasanya melakukan pemesanan kurang lebih 35 hari sebelum keberangkatan. Wisatawan pun masih mengincar Pulau Komodo sebagai salah satu destinasi utama mereka, disusul dengan melakukan berbagai aktivitas menyelam di Manta Point, snorkling di pantai pink hingga menelusuri goa di Batu Cermin.

Bandar Lampung

Selain, Medan dan Belitung di pulau Sumatera, Bandar Lampung pun menjadi lokasi wisata yang mulai dilirik oleh wisatawan. Dari data, wisatawan umumnya memesan tiket pesawat ke Bandar Lampung 18 hari sebelum keberangkatan, dengan kisaran harga Rp1.114.000 per tiket.

Manado

Daerah selanjutnya yang paling diminati oleh wisatawan adalah Manado. Data Skyscanner menunjukkan pertumbuhan yang positif dari jumlah pencarian penerbangan ke Manado, dengan harga pemesanan rata-rata Rp3.570.000 per tiket pesawat, dan rentang waktu 24 hari antara pemesanan dan keberangkatan.

Sama seperti Medan, Manado menawarkan aneka masakan kuliner yang terkenal. Masakan ala Manado dengan rasa pedas dan manis sangat terkenal di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Beberapa objek wisata kuliner Manado yang populer di antaranya adalah sambal roa, sup kuah asam, soto babi, dan kepiting kelapa.