Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 14:32 WIB
  • Wisata Bahari Surga Ikan di Ujung Pulau Madura

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • antv/tvOne
Wisata Bahari Surga Ikan di Ujung Pulau Madura
Photo :
  • tvOne/Weros Afif
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, menangkap ikan di Pulau Saebus, Jawa Timur

VIVA.co.id – Kabupaten Sumenep kaya akan pulau-pulau kecilnya, tercatat ada sebanyak 126 pulau dan 48 pulau di antaranya yang berpenghuni, dan kekayaan baharinya tak perlu diragukan lagi.

Kealamian ekologi laut di beberapa pulau di Sumenep, Jawa Timur, masih banyak kita temukan, seperti indahnya terumbu karang dan kekayaan berbagai jenis ikan laut.

Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, di sela-sela waktu istirahat safari kepulauan 2017, untuk merasakan sensasi memancing di sekitaran lokasi pulau Saebus, Kecamatan Sapeken Sumenep.

Dalam waktu tiga jam, orang nomor dua di Kabupaten Sumenep ini mendapatkan banyak ikan dari hasil memancing, seperti jenis ikan giant travelling dan ikan kerapu, dengan rata-rata berat ikan seberat tiga kilogram.

”Pulau-pulau kecil di Sumenep masih terjaga keaslian baharinya, sehingga lautnya kaya akan ikan," kata Achmad Fauzi.

Selain itu Achmad Fauzi juga berharap agar warga Sumenep, khususnya masyarakat kepulauan untuk tetap menjaga kelestarian laut Sumenep untuk tetap indah dan kaya akan berbagai kandungannya.

”Mari kita bersama jaga kealamian pulau-pulau di Sumenep, karena itu merupakan tanggung jawab kita bersama," kata Achmad.

Tak kalah menariknya, pulau-pulau kecil di Sapeken sangat indah, karena masih terjaga keasliannya. Wisatawan dapat berkunjung untuk menikmati keaslian pulau-pulau kosong dengan pantai indah berpasir putih halus.

Wisatawan juga bisa menyelam menikmati keindahan alami terumbu karang dan tumbuh-tumbuhannya. Sekaligus mencicipi nikmatnya kelezatan daging ikan segar, yang kita dapat dari memancing.

Masih Alami

Sementara itu, Djakfar, nelayan pulau Sapeken, menyatakan, kondisi terumbu karang dan biota bawah laut di pulau Sapeken masih alami. Sehingga untuk menjaga kelestarian pulau dan lautnya, warga setempat sangat intens mengawasi setiap gerak-gerik nelayan dari luar daerah. Ini dilakukan karena khawatir ada aksi pemboman ikan dan perbuatan yang merusak biota dan bawah laut pulau Sapeken.

Dia pun berharap agar pihak pemerintah menempatkan petugas yang profesional dan berwenang untuk ikut membantu warga menjaganya.

"Baru kali ini kepala daerah Sumenep turun ikut memancing, semoga pemerintah lebih memahami kami yang ada di kepulauan. Sehingga dapat menjaga keaslian, dan kelestarian pulau dan laut Sapeken dapat segera mendapat perhatian," ujarnya. (ren)

Laporan: TvOne/Veros Afif