Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 17:17 WIB
  • Wisata ke Borobudur Jangan Lupa Unduh Aplikasi Ini

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Wisata ke Borobudur Jangan Lupa Unduh Aplikasi Ini
Photo :
  • Istimewa
Aplikasi Borobudurpedia

VIVA.co.id – Untuk membantu memberikan informasi mengenai Candi Borobudur kepada wisatawan, pihak pengelola wisata Candi Borobudur membuat aplikasi Borobudurpedia.

Aplikasi yang bisa diunduh lewat Android ini akan membantu Anda mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai salah satu warisan budaya dunia UNESCO itu.

"Sekarang di dunia maya, Facebook, medsos banyak tulisan tentang Candi Borobudur. Tapi kadang kala karena yang menulis itu dari persepsi sendiri, kemudian ada informasi yang sebenarnya tidak sesuai dengan Candi Borobudur," kata Kepala Balai Konservasi Candi Borobudur, Marsis Sutopo, saat ditemui di Museum Nasional Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017.

Oleh karena itu, dia melanjutkan, balai konservasi sebagai pengelola Candi Borobudur membuat aplikasi tersebut, sehingga masyarakat dapat melihat Borobudur dari berbagai sisi.

Tak hanya memberikan informasi secara benar dan jelas seputar candi, aplikasi ini pun akan memuat kamus istilah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Candi Borobudur.

"Kami menyusun Candi Borobudur secara alfabetis A-Z. Seperti A itu Arca, itu apa yang di Borobudur, Amitabha itu apa. Istilah yang berkaitan dengan Borobudur," katanya.

Tak hanya itu, aplikasi yang mirip dengan wikipedia ini pun akan mengikutsertakan pembacanya untuk aktif memberikan informasi atau masukan kepada aplikasi ini. Ke depannya situs itu bukan sebagai informasi statis, tapi pengguna pun bisa menambahkan informasi menarik di sana.

"Nama Anda akan sebagai kontributor. Borobudurpedia itu informasi bersama," katanya.