Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 15 Oktober 2017 | 10:12 WIB
  • Tingkatkan Potensi Wisata Danau Toba, Dermaga Ditambah

  • Oleh
    • Rochimawati,
    • Isra Berlian
Tingkatkan Potensi Wisata Danau Toba, Dermaga Ditambah
Photo :
  • ANTARA/Anis Efizudin
Pariwisata danau toba

VIVA.co.id – Pemerintah telah menetapkan 10 destinasi prioritas yang tersebar di Indonesia. Salah satu dari kesepuluh destinasi prioritas tersebut, ialah Danau Toba di Sumatera Utara.

Berbagai persiapan salah satunya adalah melakukan kemudahan wisatawan dalam mengakses jalan untuk sampai ke Danau Toba. Sebelumnya, pemerintah menjadikan Bandara Silangit sebagai bandara internasional dan siap menampung kedatangan wisatawan.

Kini, pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan berencana membangun beberapa fasilitas berupa dermaga dan kapal untuk mendukung pariwisata di Danau Toba.

"Kemenhub akan membangun lima dermaga yaitu dua dermaga di Samosir dan tiga dermaga di pinggiran Danau Toba," ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Minggu 15 Oktober 2017.

Pembangunan ini dilakukan selain untuk konektivitas masyarakat antara satu tempat ke tempat lain, juga untuk mendukung pariwisata di sekitar Danau Toba

Selain itu, Kemenhub akan membuat tiga kapal roro, dua dibuat Kemenhub dan satu dari  PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan. Menhub menjelaskan kapal roro yang akan dibangun memiliki panjang 48,5 meter dan lebar 12,6 meter.

"Kapal roro yang akan akan dibangun berkapasitas 300 GT (gross tonnage), mampu menampung sekitar 200 sampai 300 penumpang dan 32 mobil," tuturnya.

Pembangunan kapal ini bertujuan untuk melayani penyeberangan masyarakat di Danau Toba. Kini, sudah ada dua kapal roro yaitu Sumut 1 dan Sumut 2 yang melayani penyeberangan di Danau Toba.

"Dengan adanya tambahan kapal roro, nantinya konektivitas antarpelabuhan di sekitar Danau Toba akan semakin bagus. Sekarang ini jika menggunakan mobil waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain bisa satu jam, nah dengan kapal hanya 15-30 menit," kata Budi.

Ia pun mengajak pihak terkait seperti Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba untuk turut serta mendukung pembangunan fasilitas agar pariwisata di Danau Toba semakin maju.

"Danau Toba ini luar biasa indahnya, penduduknya ramah-ramah, makanannya juga enak-enak, apalagi didukung dengan fasilitas yang memadai. Saya minta kadishub Provinsi Sumut, Badan Otorita Danau Toba, dan tentunya Kemenhub untuk bersama membangun Danau Toba untuk menjadi destinasi wisata dunia," kata Budi Karya.