Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 16 Oktober 2017 | 10:29 WIB
  • Rasakan Sensasi Berendam Air Hangat di Sungai Penindaian

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Aji YK Putra (Palembang)
Rasakan Sensasi Berendam Air Hangat di Sungai Penindaian
Photo :
  • VIVA.co.id/Aji YK Putra
Berendam Air Hangat di Sungai Penindaian

VIVA.co.id – Bila mendengar sungai, dibenak kita selalu berpikir merupakan tempat aliran air dingin yang berada ditempat perkampungan. Air sungai pun biasanya hanya memiliki suhu standar yang biasa digunakan untuk kebutuhan mandi atau pun mencuci.

Namun berbeda dengan sungai Penindaian yang berada di Kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel).

Air di sungai ini memiliki suhu panas yang bisa digunakan untuk berendam dan memanjakan tubuh. Kandungan air panas di sungai Penindaian pun diyakini warga sekitar bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit bila berendam di sungai tersebut.

Sebab, beberapa mata air panas di sungai ini berasal dari pegunungan. Campuran air sungai, membuat suhu air panas yang sebelumnya 100 derajat menjadi sekitar 30 derajat celsius.

Ada beberapa blok yang dibuat di sungai ini yang berbentuk seperti kolam. Di kolam tersebut, suhu air menjadi 100 derajat celsius. Bahkan, telur pun bisa matang jika dimasukkan ke air panas.

Maya (20) gadis asal Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan yang berkunjung ke sungai Penindaian mengatakan, dia mengetahui lokasi ini dari kerabat yang tinggal di Kabupaten Lahat.

Berendam Air Hangat di Sungai Penindaian

Sedangkan Kamil (48) warga desa Fajar Bulan mengatakan, mata air panas di sungai Penindaian telah lama ada. Meskipun berada di pelosok dan jauh dari jangkauan, sungai tersebut menjadi daya tarik para warga Sumsel untuk datang berlibur dan menikmati kehangatan air sungai Penindaian.

"Kalau hari libur selalu banyak yang datang, karena airnya enak untuk berendam. Kalau badan gata-gatal atau penyakit kulit, pasti sembuh," ujar Kamil.

Tak hanya itu, jika warga sekitar mempunyai hajatan seperti pernikahan, air panas di Sungai Penindaian sering digunakan untuk merebus telur dalam jumlah banyak.

"Sering digunakan, apalagi kalau ada pernikahan. Karena airnya panas bisa merebus telur hanya satu menit langsung matang," katanya.

Berendam Air Hangat di Sungai Penindaian

Sementara itu, Camat Tanjung Sakti Pumi, Syaiful Bahri menjelaskan, ada 10 titik mata air yang ditemukan di Kecamatan Tanjung Sakti Lahat. Yakni  dua titik berada di Desa Fajar Bulan, dan delapan titik berada di sepanjang Sungai Penindaian di Desa Penandingan, Lahat Sumsel.

Mata air panas tersebut sudah lama ditemukan bahkan sejak dirinya masih kecil. Namun, memang untuk saat ini infrastrukturnya belum memadai.

Rencananya di tahun 2018 mendatang Pemerintahan Kabupaten Lahat berencana akan membuat infrastruktur khusus menjadi tempat pemandian yang memiliki dua kolam air hangat.

"Sebagian kolam yang ada di sungai, hasil swadaya masyarakat. Tahun depan baru akan ditambahi infrastruktur lainnya dengan menggunakan APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) perubahan. Karena di sini memang banyak menarik wisatawan lokal terutama di Sumsel," ujarnya.

Air Hangat di Sungai Penindaian