Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 19 Oktober 2017 | 16:41 WIB
  • Ada Satu Negara Eropa Belum Dikunjungi Ratu Elizabeth

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Ada Satu Negara Eropa Belum Dikunjungi Ratu Elizabeth
Photo :
  • Pixabay
Salah satu destinasi liburan populer, Nice, Yunani

VIVA – Kehidupan Keluarga Kerajaan Inggris selalu menjadi perhatian publik, terutama Ratu Elizabeth II. Selama bertahta, dia telah telah mengelilingi 116 dari 193 negara yang menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa.  

Namun hanya ada satu negara di benua Eropa yang tak pernah dikunjunginya setelah menjabat sebagai Ratu Inggris pada usia 25 tahun di 1952 hingga kini. Negara yang belum pernah dikunjunginya itu ialah Yunani. 

Dilansir dari laman Express, Kamis 19 Oktober 2017, ia pernah sekali mengunjungi negara tersebut ketika remaja, sebelum menikahi Pangeran Philips pada 1947. Kedatangannya ke sana pun tak lain karena undangan dari sepupu pertama Pangeran Philips yakni Raja Paul. 

Sejarawan Kerajaan, Hugo Vickers, mengatakan kepada BBC, bahwa suami Ratu Elizabeth ini secara teknis merupakan Pangeran Yunani. 

Ini diketahui, karena sang ibu lahir di Corfu, Yunani pada tahun 1921 yang merupakan keluarga kerajaan Yunani dan Denmark.

"Pangeran Philips tidak menyukai Yunani, karena telah mengadili ayahnya, dan dia mungkin akan dihukum. Sehingga pada tahun 1922 mereka semua meninggalkan Yunani." 

Pangeran Philips pun sempat mengunjungi ibunya di Yunani sebelum ia pindah ke Inggris pada tahun 1960-an. 

Tak hanya itu, ketidaksukaan kakek dari Pangeran William itu terhadap Yunani, karena keluarganya sempat diasingkan setelah pamannya, Raja Konstantin I dipaksa melepaskan tahtanya.

Mengetahui, mereka dalam bahaya, Keluarga Kerajaan Yunani pun melarikan diri saat Philips baru berusia 18 bulan. Dia kemudian melepaskan gelarnya dan memilih mengambil nama keluarga Mountbatten sebelum menikah dengan sang ratu.   

Kemungkinan, beberapa alasan tersebut yang membuat sang ratu dan suami tak pernah pergi ke Yunani. Selain itu, Vickers pun percaya bahwa sang Ratu mungkin belum diundang ke Yunani oleh presiden Yunani hingga saat ini.