Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 20 Oktober 2017 | 16:57 WIB
  • Kampung Tiga Dimensi yang Jadi Trending di Media Sosial

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Zahrul Darmawan (Depok)
Kampung Tiga Dimensi yang Jadi Trending di Media Sosial
Photo :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan
Kampung Tiga Dimensi

VIVA – Sejumlah remaja di Depok, Jawa Barat, memiliki cara unik untuk mempercantik lingkungannya. Berbekal kuas dan beberapa cat warna, aksi kreativitas seni lukis jalanan mereka pun terbukti ampuh menyedot perhatian publik.

Seni lukis dengan teknik tiga dimensi yang dilakukan sejumlah remaja di Gang Tondano, Kecamatan Sukmajaya, Depok itu kini telah menjadi buah bibir hingga di kalangan penggiat media sosial. Mereka menyebutnya sebagai kampung tiga dimensi.

Muhammad Nur Alam, penggagas lukisan tiga dimensi jalanan itu mengungkapkan, ide ini berawal dari hobinya dan temuan di Youtube.

“Kami lihat di Youtube bagus, terus kami (remaja sini) praktikkin deh di jalanan, di lingkungan kami sendiri,” katanya pada wartawan, Jumat 20 Oktober 2017.

Kampung Tiga Dimensi

Selain untuk mempercantik lingkungan tempatnya tinggal, sejumlah gambar yang terpampang di sepanjang jalan RW 3 ini ternyata memiliki pesan yang cukup dalam.

“Ini bukan sembarang gambar, dengan lukisan tiga dimensi ini, kami ingin memberi pesan pada para pengendara untuk berhati-hati. Itu ada gambar jurang, tembok dan tangga, dengan begitu pengendara harus waspada,” ujarnya.

Kampung Tiga Dimensi

Rencananya ia dan sejumlah remaja setempat akan terus memperpanjang karya lukis tiga dimensi ini hingga ke lain RW. “Yang sekarang ini baru sekitar 200 meter yang kami lukis,” katanya.

Alam mengaku tidak ada kesulitan berarti dalam menciptakan karya-karya ini. Sebab, dia mendapat dukungan penuh warga sekitar. “Alhamdulillah warga antusias, siapa pun boleh mencoba (menggambar). Ini adalah bentuk kreativitas kami, karang taruna Tondano,” ujarnya.

Kampung Tiga Dimensi

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengaku mengapresiasi kegiatan positif tersebut. Bahkan, ia berencana untuk mengunjungi langsung kawasan tiga dimensi itu.

“Ini harus kami dukung, saya berencana mau lihat langsung, mau ngasih cat. Apa pun yang bersifat positif pasti kami (pemerintah) dukung lah, ini kan kreativitas seni yang sangat menarik,” ujarnya. 

Kampung Tiga Dimensi

Kasat Lantas Polresta Depok, Komisaris Sutomo mengatakan, pihaknya juga mengapresiasi sejumlah karya seni tersebut. Terlebih, ada pesan moral yang ingin disampaikan di dalamnya.

“Ini sangat menarik, ada pesan tertib berlalu lintas di dalamnya. Semoga aksi kreatif seperti ini dapat ditiru, karena sangat bermanfaat. Selain hobi, karya seni juga menciptakan keindahan tentunya,” ucapnya.