Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 12:04 WIB
  • Kata Rahasia Staf Hotel Saat Bicarakan Tamu

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Isra Berlian
Kata Rahasia Staf Hotel Saat Bicarakan Tamu
Photo :
  • VIVA.co.id/ Bobby Andalan/ Bali
Ilustrasi pelayanan hotel

VIVA – Bergosip atau membicarakan seseorang menjadi hal yang sering dan lumrah dilakukan oleh setiap orang. Ini dilakukan ketika salah satu lawan bicaranya tidak menyukai sikap yang dilakukan oleh orang yang dimaksud. Entah karena perkataanya, atau perbuatannya.

Ternyata, membicarakan perilaku tak menyenangkan pun biasa dilakukan oleh staf hotel. Ini bisa terkait dengan permintaan tamu yang kasar, seberapa sering kamar dibersihkan, bahkan beberapa barang paling aneh yang ditemukan setelah para tamu check out. Namun, mereka memiliki bahasa rahasia antarstaf lainnya. Itu tak lain untuk menghargai tamu agar tetap merasa nyaman.

Dilansir laman Express banyak staf yang sebelumnya pernah bekerja di sebuah hotel sekarang telah mengungkapkan beberapa kata rahasia. Kata itu pun memberikan beberapa label untuk tiap karakteristik tamu seperti yang disebut di atas.

Misalnya saja, ketika Anda menginap di JW Marriott di Michigan Amerika dan pernah mendengar kata "peach". Menurut Conde Nast Traveler, tamu tersebut memiliki karakteristik sulit dihadapi. Istilah ini juga bisa diartikan, bahwa si tamu  banyak maunya dan keras kepala. Atau pernah mendengar "pig a pen", kata itu berarti tamu yang tersasar di parkiran.

Jika menginap di hotel Kitano New York dan pernah mendengar kata "DG", itu berarti tamu hotel yang menuntut perhatian lebih. Atau pernah mendengar "weekend warrior" di One Ski Hill Place? Ini menjadi sebutan bagi para profesional yang hanya datang untuk bermain ski di akhir pekan.

Tak hanya itu, beberapa hotel yang sangat high-end seperti di Madinat Jumeirah di Dubai, pun memiliki beberapa istilah untuk menggambarkan karakter ataupun aktivitas tamunya. Misalnya "VIP 4" untuk tamu regular hotel, hingga "VIP 11" kode untuk tamu royal.

Staf hotel pun memiliki peraturan 20/10, sebuah aturan yang dimiliki oleh setiap hotel. Peraturan tersebut berarti, saat tamu berada 20 langkah di depan staf, harap diperhatikan. Setelah kira-kira 10 langkah depan staf, lakukan interaksi seperti menawarkan layanan terbaik setiap saat.