Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 27 Oktober 2017 | 00:02 WIB
  • Memfoto Menara Eiffel pada Malam Hari Ternyata Ilegal Loh!

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Memfoto Menara Eiffel pada Malam Hari Ternyata Ilegal Loh!
Photo :
  • REUTERS/Gonzalo Fuentes
Menara Eiffel.

VIVA – Menara Eiffel di Kota Paris, Prancis, telah lama menjadi destinasi terpopuler dunia. Ikon kota Paris ini pun paling banyak diburu oleh wisatawan ketika mengunjungi Prancis.

Tak hanya ramai pada siang hari, tempat ini pun juga ramai ketika malam hari. Sebab, pada malam hari menara ini dihiasi oleh cahaya lampu yang spektakuler.

Bila ke sana Anda mungkin ingin mengabadikan keindahan gemerlap lampu Menara Eiffel dengan memfotonya. Namun, keinginan itu sebaiknya Anda urungkan sebelum ditangkap oleh pihak berwenang.

Mengapa? Karena, mengambil foto Menara Eiffel pada malam hari adalah tindakan yang illegal.  

Dilansir dari laman Travelandleisure, Kamis, 26 Oktober 2017, mengunggah foto Menara Eiffel di malam hari ke dalam akun Facebook, Snapchat hingga Instagram adalah tindakan yang ilegal. Mendistribusikan foto Menara Eiffel yang menyala saat malam adalah pelanggaran hak cipta.

Pada bagian FAQ (tanya jawab) dari Société d'Exploitation de la Tour Eiffel (perusahaan memiliki dan mengelola Menara Eiffel) mengutarakan bahwa setiap orang bebas menikmati pemandangan dari Menara Eiffel.

"Namun perlu izin yang harus diperoleh dari Société d'Exploitation de la Tour Eiffel untuk mempublikasi foto Menara Eiffel yang dihiasi lampu pada malam hari."

Menara Eiffel memang berada dalam domain publik, yang berarti bahwa pada siang hari, sangat legal bagi Anda untuk mengambil sebanyak mungkin foto yang Anda inginkan. Namun, pertunjukan lampu menara itu, yang ditambahkan pada tahun 1985, secara teknis dimiliki oleh seniman tersebut.

Lampu Menara Eiffel, yang berkilau dan berkedip selama lima menit setiap jam mulai petang sampai pukul 1 pagi, menempel di gedung. Dilarangnya mengambil foto saat lampu menara menyala, menyebabkan hampir tidak mungkin memfoto menara Eiffel karena terlihat hanya kegelapan malam.