Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 29 Oktober 2017 | 05:10 WIB
  • Halloween, 'Zombie Berkeliaran di Kereta Jepang

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Isra Berlian
Halloween, 'Zombie Berkeliaran di Kereta Jepang
Photo :
  • Reuters
Remaja jepang berpenampilan seperti zombie saat Halloween

VIVA – Perayaan Halloween yang jatuh pada akhir bulan Oktober menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu terutama oleh masyarakat Amerika. Hampir semua kalangan antusias melakukan perayaan ini dengan beragam ide, mulai dari mendekor rumah, berdandan hingga melakukan pesta kostum seram.

Perayaan yang diiniasi oleh masyarakat Amerika ini pun, menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia termasuk di Jepang. Berbeda dengan perayaannya, di Jepang kegiatan perayaan Halloween ini lebih semarak di stasiun kereta Jepang.

Dilansir dari laman Daily Mail, masyarakat Jepang mengenakan kostum mengerikan dan sering membawa alkohol saat perayaan Halloween di sana. Ada pula yang mengenakan kostum layaknya zombie, mendandani wajah mereka sehingga seperti terlihat bercucuran darah, memegang senjata tajam, namun ada juga yang berseragam polisi seksi atau berdandan seperti maskot Jepang Funassy.

Ada pula yang berdandan dengan gaya futuristik, mencat wajah dan memakai rambut palsu alias wig dengan warna perak. Bahkan hadir juga zombie Hello Kitty atau Sailor Moon.

Selama perjalanan di atas kereta tersebut, orang-orang bersuka ria. Bagi banyak orang, bagian yang menyenangkan adalah melihat orang dengan tampilan normal berbaur dengan penumpang lain yang mengenakan kostum atau dandanan seram atau unik.

Kegiatan ini awalnya dipelopori oleh ekspatriat Amerika yang tinggal di Jepang, yang tidak pernah merayakan Halloween. Ekspatriat Amerika itu kemudian mencetuskan ide untuk bepergian dengan kereta menggunakan pakaian yang aneh sampai pemberhentian terakhir. Hal ini menyebabkan kekacauan bagi para pengguna kereta.

Mereka melakukan demonstrasi pada tahun 2009 di Stasiun Shinjuku Tokyo dan banyak yang meminta kegiatan seperti ini diakhiri. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kegiatan ini menjadi suatu tradisi baru, khususnya bagi para generasi muda modern di Jepang.

Kegiatan ini dikelola dengan baik dan bagi mereka yang ingin berpartisipasi, harus mendaftar dan mengikuti aturan yang ditetapkan. Bahkan beberapa jalur kereta di sana akan memberikan diskon tiket bagi pengguna kereta yang menggenakan kostum unik. Dan saat ini, Halloween adalah industri bernilai miliaran dolar Amerika di Jepang.