Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 30 Oktober 2017 | 05:40 WIB
  • Ada Orkestra 'Telur' di Tengah Danau Beijing

  • Oleh
    • Dusep Malik
Ada Orkestra 'Telur' di Tengah Danau Beijing
Photo :
  • VIVA.co.id/Dusep Malik
National Center for Performing Art, Beijing, China

VIVA – Letaknya hanya selemparan batu dari seberang Istana Kepresidenan China. Terdapat bangunan megah dengan arsitektur unik yang membuat para wisatawan di Kota Beijing bertanya-tanya.

Tak tanggung-tanggung, bangunan yang berbentuk seperti telur tersebut setengahnya seperti tercemplung ke dalam sebuah danau besar dan memiliki cahaya sangat indah ketika melihatnya di malam hari.

VIVA.co.id yang berkesempatan datang bersama rombongan para jurnalis dan dosen dari Indonesia, pada Jumat, 27 Oktober 2017, mencoba masuk ke dalam bangunan tersebut yang ternyata adalah National Center for Performing Art.

Pada hari itu, rupanya ada sebuah pertunjukan yang sangat dibanggakan oleh rakyat China, karena akan tampil China Nasional Symphony Orchestra dengan dua aransemen terbaik mereka untuk menghibur para penonton.

Pertunjukan Orchestra di National Center for Performing Art, Beijing, China

China National Symphony Orchestra sebelum memulai pertunjukan. (Foto: VIVA.co.id/Dusep Malik)

Sepandangan mata, dalam ruangan tersebut dapat menampung sekitar 1.000 orang penonton dan mengantre dengan tertib. Orkestra pada malam itu bertajuk "Romantic Dialogue-Symphonic Concert" dengan menghadirkan Violinist Chen Yi.

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Beijing dan telah lelah berjalan kaki di Tiananmen, gedung ini juga dapat ditempuh dalam beberapa menit saja. Sebab, ketika Anda telah menyaksikan pertunjukan ini, capek di kaki terasa hilang.

Untuk dapat menikmati pertunjukan ini, Anda tentu harus merogok kocek yang bisa dikatakan tidak terlalu mahal yaitu 350 Yuan atau sekitar Rp720 ribu. Pertunjukan ini berlangsung selama sekitar satu setengah jam.

Gedung National Center for Performing Art, Beijing, China

Pintu depan dari National Center for Performing Art, Beijing, China. (Foto: VIVA.co.id/Dusep Malik)

Keamanan ketat

National Center for Performing Art tersebut diarsiteki oleh Paul Andreu, warga negara Prancis. Gedung ini dikelilingi danau buatan seluas 35.500 meter persegi, dengan tinggi 46 meter dan luas 212 meter dari timur ke barat dan 144 meter dari utara ke selatan.

Kubah gedung yang menyerupai telur ini dibuat dari bahan titanium dan kaca, lalu memiliki pencahayaan warna-warna. Selain untuk orkestra, gedung ini juga dapat digunakan untuk pertunjukan musik, drama dan tari.

Gedung National Center for Performing Art ini memiliki standar keamanan yang sangat ketat bagi pengunjungnya. Untuk itu, bagi Anda yang ingin datang dimohon untuk tidak membawa air mineral dan korek api. Sedangkan untuk kamera foto dan video akan diminta untuk dititipkan di loker. (ase)