Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 31 Oktober 2017 | 18:07 WIB
  • Pendaki Pemula Wajib Bawa Ini di Gunung

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Pendaki Pemula Wajib Bawa Ini di Gunung
Photo :
  • PIxabay/Hermann
Ilustrasi pria pergi jauh meninggalkan kampung halaman.

VIVA – Mendaki gunung dahulu identik dengan olahraga ekstrem yang membutuhkan kemampuan khusus. Namun, di era media sosial kini, mendaki gunung telah menjadi gaya hidup yang kian populer.

Mudahnya membagikan momen saat sedang beraktivitas, menjadi keuntungan dari media sosial. Olahraga mendaki gunung juga kian populer dengan hadirnya media sosial, yang mengubah persepsi masyarakat saat ini.

"Sekarang sudah banyak orang naik gunung karena melihat banyak upload di media sosial, yang kemudian menjadikannya sebagai gaya hidup baru di masyarakat. Mereka yang kemudian suka berpetualang tapi bukan pelaku utama pendaki gunung," ujar Managing Director Eiger, Christian Sarsono, kepada VIVA.co.id ditemui di Bandung.

Chris menjelaskan, peralatan mendaki gunung yang ringan dan mudah dibawa, menjadi kian diminati masyarakat. Meski begitu, banyak juga yang belum memahami peralatan yang mesti dibawa bagi para pendaki baru ini.

"Perbekalan yang dibawa mesti dipahami, setidaknya bisa cukup untuk tiga hingga lima hari. Membawa ransel yang volumenya tidak sampai 75 liter agar mempermudah gerak. Kemudian tenda dan sleeping bag dipilih yang lebih ringan dan mudah dilipat kecil agar cukup di dalam tas," ujarnya.

Selain itu, pemilihan bahan tenda dan sleeping bag harus diperhatikan agar selalu nyaman saat mendaki gunung. Serta, pemakaian gawai yang bisa juga digunakan sebagai kompas.

"Teknologi juga penting agar tidak terjadi masalah saat di gunung. Gunakan teknologi yang bisa bermanfaat saat mendaki, salah satunya ada aplikasi yang sudah bisa jadi kompas," ujar Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung, Galih Donikara, di kesempatan yang sama.